Rabu, 03 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 08 Januari 2020 | 09:00 WIB

Hitekno.com - Perang konsol game masuk ke babak baru pada 2020 ini, dengan siap diluncurkannya PlayStation 5 dan Xbox Series X. Lalu bagaimana nasib PlayStation 4 di 2020?

Seperti diketahui, Sony memastikan kalau PlayStation 5 akan meluncur pada musim libur 2020 di Amerika Utara, atau sekitar bulan November 2020.

Konsol game baru ini masih meneruskan kerjasama dengan AMD sebagai pembuat chip. Berbasis chip x86 sama seperti PlayStation 4 dan PC.

Bedanya kini lebih bertenaga, bahkan mendukung resolusi di atas 4K dan ray tracing secara hardware. Juga meminimalisir loading dengan SSD.

Yang paling menarik adalah backward compatibility, atau kemampuan memainkan game dari generasi sebelum-sebelumnya.

Sony sendiri telah mematenkan sistem backward compatibility untuk PlayStation 5, namun belum diungkap seperti apa cara kerjanya.

Apakah sama seperti Xbox One melalui software, juga tidak disebutkan apakah bisa memainkan game PlayStation 4 atau tidak.

PlayStation 4 Pro. (Playstation)

 

Tinggal beberapa bulan lagi, namun masihkan layak beli PlayStation 5 ketika konsol game baru sudah siap rilis?

Jawabannya jelas masih layak! Ada banyak alasan untuk tetap beli PlayStation 4 di 2020. Terutama untuk kamu yang belum punya.

Berikut ini alasan beli PlayStation 4 di 2020, ketika PlayStation 5 sudah siap untuk rilis.

1. Library game

Game PlayStation 4. (PlayStation)

 

Sejak dirilis 15 November 2013, PlayStation 4 telah memiliki segudang game. Bukan cuma game biasa, banyak yang sangat menarik.

Jika kamu baru mau beli PlayStation 4, semua game bagus di konsol game ini tidak akan habis menemani kamu sepanjang tahun.

Dari Horizon Zero Dawn, The Last of Us Remaster, Persona 5, God of War, Sekiro Shadow Die Twice, Uncharted 4, Marvel's Spider-Man, dan The Last Guardian.

Belum lagi game-game multi platform ternama, seperti GTA V, Red Dead Redemtion 2, Monster Hunter World, Star Wars Jedi: Tallen Order, The Witcher 3, dan Call of Duty Modern Warfare.

Dan masih ada game-game baru yang dipastikan hadir ke PlayStation 4 pada 2020. Dari The Last of Us Part 2, Cyberpunk 2077, Final Fantasy VII Remake, Persona 5 Royale.

2. Konsol baru sering buruk di awal peluncuran

Sony PlayStation 4, PlayStation 4 Slim, dan PlayStation 4 Pro. (PlayStation)

 

Sama seperti awal PlayStation 4, game yang tersedia masih terbatas. Terutama judul-judul baru belum bermunculan di 6 bulan pertama.

Begitu juga Xbox One di awal peluncuran penuh masalah. Dari harus online tiap hari, harus pasang kamera Kinect, dan masalah DRM.

Permasalah pada Xbox One dan PlayStation 4 di awal perilisan baru teratasi sekitar 6 bulan hingga 1 tahun pertama.

Masalah-masalah ini yang dikhawatirkan terjadi lagi pada PlayStation 5 dan Xbox Series X di awal peluncurannya nanti.

3. Harga makin murah

Konsol game Sony PlayStation 4 Slim. (PlayStation)

 

Kini kamu bisa mendapatkan PlayStation 4 dengan harga murah. PlayStation 4 Slim 500 GB dengan bundle dua game bisa didapatkan dengan harga Rp 4.499.000.

Lebih menarik ada bundle PlayStation 4 Slim Mega Pack 2 versi 1 TB yang dihargai cuma Rp 3.999.000 berisi empat game di dalamnya.

Sedangkan PlayStation 4 Pro kini dihargai Rp 6.199.000. Selain itu masih banyak penjualan bundle yang menarik untuk PlayStation 4 Pro.

Ditambah lagi kini Sony Indonesia memberikan garansi untuk PlayStation 4 resmi. Sehingga harga di Tanah Air bisa lebih menarik.

4. Aksesori Bejibun

PlayStation VR. (PlayStation)

 

Sebagai konsol game yang sudah berusia 7 tahun, pasti sudah tersedia banyak aksesori. Dari resmi rilisan PlayStation hingga third party.

Dari controller third party baik berlisensi maupun tidak sudah bertebaran. Printilan kecil seperti thumb grip dan kabel.

Jika hard disk kamu penuh, sudah tersedia pula eksternal hard disk yang dijual di pasaran. Seperti Seagate Game Drive 4 TB seharga Rp 1.980.000.

Jika merasa loading game di PlayStation 4 kamu lamban, bisa ganti ke SSD 2,5 inci. Tinggal beli di pasaran banyak yang jual.

Itulah empat alasan untuk tetap beli PlayStation 4 di 2020 ini meski konsol game baru seperti PlayStation 5 sudah siap rilis.

BACA SELANJUTNYA

Buruan Download, Final Fantasy XIV Kini Gratis di PlayStation 4