Jum'at, 28 Februari 2020

Wow, Prototype Kolaborasi Nintendo PlayStation Tahun 90-an Dilelang

Prototype Nintendo PlayStation ini pernah dilelang lebih dari Rp 16 miliar.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
PlayStation Nintendo. (Ha.com)
PlayStation Nintendo. (Ha.com)

Hitekno.com - Kalau selama ini kamu mengenal PlayStation merupakan buatan Sony, kamu harus tahu fakta lain yang menyebutkan PlayStation pernah menjadi salah satu produk Nintendo.

Yap kamu nggak salah baca, insinyur Sony Computer Entertainment dan CEO unit Ken Kutaragi menciptakan chip suara Super Nintendo pada awal 90-an.

Hal ini memicu kolaborasi antara kedua perusahaan yang menghasilakn konsol berbasis disk. Meski banyak perbedaan pendapat, Kutaragi merancang konsol dan beberapa ratus prototipe diproduksi dari Super-NES CD-ROM System atau dikenal sebagai SNES-CD atau Nintendo PlayStation.

Tak yakin masih ada karena sudah lama bahkan kemungkinan besar perangkat ini sudah hancur. Namun ternyata masih ada satu dimiliki oleh Terry Diebold yag membeli unit tersebut dalam pelelangan buta.

Dilansir dari laman Polygon.com, Terry Diebold membeli unit tersebut saat perusahaan tempat ia bekerja, Advanta Corporation bangkrut.

PlayStation Nintendo. (Ha.com)
PlayStation Nintendo. (Ha.com)

 

Salah satu kotak SNES-CD tersebut pernah dimiliki oleh mantan CEO Sony Computer Entertainment, Olaf Olafsson yang kemudian bekerja di Advanta.

Kini perangkat tersebut kembali dilelang secara publik, lelang kali ini akan sedikit membingungkan bagi sebagian orang, pasalnya Sony dan Nintendo merupakan dua pesaing terbesar di dunia game saat ini.

Tapi sayangnya, tak ada game khusus yang dirancang perangkat ini, meski begitu perangkat ini masih bisa digunakan untuk bermain game hingga saat ini dan masih berfungsi.

Pelalangan perangkat langka ini akan diadakan pada 5-7 Maret 2020 nanti, pembeli yang berminat bisa memulai penawaran online pada bulan Februari.

Sebelumnya, Terry Diebold pernah menolak tawaran ssebsar 1,2 juta dolar atau sekitar Rp 16 miliar dari seseorang di Norwegia untuk konsol langka Nintendo PlayStation ini.

Terkait

Terkini