Senin, 24 Februari 2020

Bukan Ninja atau Shroud, Inilah Streamer Terpopuler 2019

Pindahnya Ninja dan Shroud ke Mixer dari Twitch jadi penyebab turunnya popularitas mereka.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Streamer game ternama, Ninja dan Shroud. (Instagram)
Streamer game ternama, Ninja dan Shroud. (Instagram)

Hitekno.com - Ninja dan Shroud terkenal sebagai streamer yang punya banyak fans. Namun ternyata, untuk streamer terpopuler 2019 ini bukanlah mereka berdua.

Shroud sendiri terkenal gemar melakukan streaming game FPS seperti Call of Duty. Ia terkenal akan skill dan akurasi aim yang dimilikinya.

Sedangkan Ninja terkenal akan streamer game battle royale, terutama Fortnite. Nama Ninja dan Fortnite nampak tak bisa dipisahkan.

Namun dua streamer papan atas tersebut telah memutuskan pindah dari Twitch ke Mixer sebagai tempat mereka melakukan siaran langsung.

Nampaknya keputusan ini berdampak pada popularitas mereka yang tergusur dari posisi streamer terpopuler 2019 ini.

Stream Elements telah memuat beberapa fakta menarik dari ranah streaming game sepanjang 2019 ini. Termasuk diungkap siapa streamer terpopuler 2019.

Terungkap kalau Tfue kini menyandang streamer terpopuler 2019 dengan mendapatkan 87,7 juta jam tonton selama 2019.

Tfue jadi Streamer Terpopuler 2019. (Stream Elements)
Tfue jadi Streamer Terpopuler 2019. (Stream Elements)

 

Posisi Tfue disusul Shroud dengan mendapatkan 65,8 juta jam tonton. Angka ini didapatkan dari penggabungan Twitch dan Mixer.

Sedangkan Ninja, harus puas di posisi keempat dengan 57,9 juta jam tonton selama 2019. Angka ini juga didapatkan Ninja dari penggabungan Twitch dan Mixer.

Stream Elements juga mengungkap fakta lain sepanjang 2019 ini. Yaitu popularitas streaming ASMR mulai naik menyaingi streaming game.

Amouranth berada di puncak dengan 3 juta jam tonton, disusul Japan_ASMR 1,6 juta jam tonton, dan CopyKat_ dengan 1 juta jam tonton sepanjang 2019.

Kembali soal game, League of Legends mampu menggusur Fortnite sebagai game terpopuler. Sedangkan Apex Legends jadi game baru yang langsung melejit.

Gamer terpopuler di layanan streaming 2019. (Stream Elements)
Gamer terpopuler di layanan streaming 2019. (Stream Elements)

 

Sedangkan platform streaming terbesar saat ini masih dipegang Twitch dengan 9,3 miliar jam tayang. Disusul YouTube Gaming dengan 2,6 miliar jam tayang.

Mixer sebagai pendatang baru yang sudah jor-joran keluarkan uang untuk mendapatkan Ninja dan Shroud malah terkalahkan Facebook Gaming.

Meski Mixer mengalami peningkatan 149 persen dari 2018, hanya mampu meraih 353,7 juta jam dibandingkan Facebook gaming yang mendapat 346,2 juta jam.

Layanan streaming terpopuler 2019. (Stream Elements)
Layanan streaming terpopuler 2019. (Stream Elements)

 

Meski perkembangan Facebook Gaming dan Mixer cukup pesat, namun Twitch masih mendominasi disusul YouTube Gaming untuk layanan live streaming.

Itulah data-data terbaru yang menempatkan Tfue sebagai streamer terpopuler 2019 mengalahkan Ninja dan Shroud.

Terkait

Terkini