Rabu, 26 Februari 2020

Akuisisi PlayGiga, Facebook Ingin Kembangkan Cloud Gaming?

Nampak Facebook ingin mengikuti jejak Google Stadia di cloud gaming.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo PlayGiga (PlayGiga)
Logo PlayGiga (PlayGiga)

Hitekno.com - Industri game menarik perhatian banyak pihak, termasuk Facebook. Terbaru, teknologi cloud gaming jadi sasaran bagi beberapa perusahaan teknologi.

Setelah Google Stadia resmi dikenalkan, teknologi cloud gaming nampak makin menarik perhatian. Termasuk dengan Facebook yang ikutan melirik.

Hal ini diketahui dari langkah perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut telah mengakuisisi PlayGiga.

Menurut laporan The Verge pada Jumat (20/12/2019), PlayGiga merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang cloud gaming yang berbasis di Madrid, Spanyol.

Juru bicara Facebook mengatakan, kesepakatan dengan PlayGiga muncul setelah banyak perusahaan teknologi mulai meluncurkan layanan game.

Meskipun tidak menyebutkan angka, nilai akuisisi tersebut mencapai EUR 70 juta atau sekitar Rp 1,09 triliun.

"Kami sangat senang menyambut PlayGiga ke tim Gaming Facebook," ujarnya

Ilustrasi Facebook. (HiTekno.com)
Ilustrasi Facebook. (HiTekno.com)

 

Sebagai catatan, PlayGiga berdiri pada 2013. Perusahaan ini menjalankan layanan cloud gaming di Eropa, meskipun saat ini pengoperasiannya sudah berakhir.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa tim PlayGiga pindah ke sesuatu yang baru. Kami melanjutkan pekerjaan kami di cloud gaming, sekarang dengan misi baru. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua mitra dan pelanggan kami atas dukungan mereka selama ini," tutup pihak PlayGiga dalam web resminya.

Di sisi lain, layanan cloud gaming diperkirakan bakal berkembang pesat pada tahun depan, seiring dengan mulai penetrasi jaringan 5G yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Bahkan, Google yang tadinya tidak terjun di dunia game, kini memiliki Google Stadia yang menjadi pelopor platform cloud gaming di dunia.

Bisakah akuisisi PlayGiga ini membuat Facebook bisa menyaingi cloud gaming Google Stadia nanti? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Terkait

Terkini