Rabu, 26 Februari 2020

Ini Spesifikasi Xbox Series X, 2 Kali Lebih Kuat dari Xbox One X

Xbox One X adalah konsol game terkuat secara performa hardware generasi sekarang.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Xbox Series X. (Microsoft)
Xbox Series X. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft baru saja mengenalkan Xbox Series X sebagai konsol game generasi baru mereka. Perangkat ini akan berhadapan langsung dengan PlayStation 5.

Konsol game baru ini disebut-sebut bertenaga tinggi berkat sederet teknologi baru yang Microsoft gunakan pada Xbox Series X.

Diwartakan GameSpot, performa Xbox Series X dua kali lebih kuat dibandingkan Xbox One X. Bagaimana performa ini bisa didapatkan?

Seperti diketahui, Xbox One X sendiri adalah konsol game terkuat secara raw-power untuk generasi sekarang. Bahkan lebih kuat dari PlayStation 4 Pro.

Sedangkan untuk Xbox Series X ini, ditanamkan sederet hardware paling terbaru. Namun masih mirip dengan generasi Xbox One.

Seperti pemakaian custom chip untuk CPU dan GPU dari AMD. Namun kali ini, Xbox Series X memakai arsitektur terbaru dari AMD.

Berbeda dengan Xbox One yang memakai DDR3 mirip dengan desktop, konsol game generasi baru ini memilih memakai GDDR6.

Xbox Series X. (Xbox)
Xbox Series X. (Xbox)

 

Lebih lengkapinya, berikut ini spesifikasi Xbox Series X yang diketahui sementara ini (16/12/2019).

CPU: AMD Ryzen Zen 2 CPU
GPU: AMD Navi-based GPU (~12 TFLOPs)
RAM: GDDR6 SDRAM (kapasitas belum diungkap)
Storage: NVMe SSD (kapasitas belum diungkap)
Max Output Resolution: 8K
Max Refresh Rate: 120Hz

Dapat dilihat dari spesifikasi Xbox Series X di atas, konsol game ini mendukung video output beresolusi hingga 8K dan refres rate 120Hz.

Sedangkan Xbox One sendiri memakai custom chip AMD Jaguar octa-core 1,75 GHz. Lalu Xbox One X memakai chip serupa namun berjalan 2,3 GHz.

Jika diklaim 2 kali lebih kuat dari Xbox One X, maka konsol game baru ini harus lebih bertenaga dari cota-core AMD Jaguar 2,3 GHz.

Di sisi GPU, Xbox Series X telah memakai GPU AMD berarsitekturkan NAVI. Diklaim bisa menghasilkan pemrosesan lebih dari 12 TFLOPs.

Peningkatan performa ini tidak luput dari pembenahan sisi I/O. Yaitu pemakaian GDDR6 yang banyak dipakai kartu grafis PC kelas atas.

Sayangnya belum diungkap berapa besar kapasitas GDDR6 yang digunakan untuk menunjang pemrosesan di CPU dan GPU konsol game ini.

Xbox Series X. (Xbox)
Xbox Series X. (Xbox)

 

Tidak ketinggalan, Xbox Series X juga telah memakai NVMe SSD. Teknologi penyimpanan yang lebih kencang dan responsif dibandingkan hard disk.

Pemakaian NVMe SSD ini tidak hanya mengurangi waktu loading game saja. Namun juga menambah responsif dan mengurangi latensi game.

Lagi-lagi sayangnya kapasitas NVMe SSD di konsol game ini masih belum diungkap. Mengingat harga teknologi ini masih jauh lebih mahal dibanding hard drive.

Konsol game Xbox One. (Microsoft)
Konsol game Xbox One. (Microsoft)

 

Soal harga konsol game baru ini masih belum diungkap. Terlebih detail spesifikasi Xbox Series X masih banyak yang menjadi misteri.

Nantinya, konsol game baru ini akan berhadapan langsung dengan PlayStation 5 dari Sony. Peneruskan persaingan Xbox One dan PlayStation 4.

Spesifikasi PlayStation 5 nantinya juga tidak jauh beda dari Xbox Seris X. Pasalnya sama-sama memakai custom chip AMD Zen 2 + Navi juga.

Kita tungg saja kabar detail dan spesifikasi Xbox Series X ini. Apakah benar-benar 2 kali lebih kuat dari Xbox One X, konsol game terkuat generasi ini.

Terkait

Terkini