Minggu, 19 Januari 2020

Curi Start, Konsol Game Xbox Series X Resmi Dikenalkan

Setelah banyak bocoran PlayStation 5, tiba-tiba Xbox Series X buat kejutan.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Xbox Series X. (Xbox)
Xbox Series X. (Xbox)

Hitekno.com - Konsol game baru Microsoft, penerus Xbox One resmi dikenalkan. Xbox Series X resmi menjadi nama yang disandangnya.

Sebelumnya konsol game baru ini mengusung codename Project Scarlett. Digadang-gadang akan menjadi konsol game terkuat selama ini.

Wujud resmi dari Xbox Series X mulai dipamerkan beserta controller baru Xbox Elite Series 2 yang bentuknya identik dari seri sebelumnya.

Dalam rilis resminya, Phil Spencer, bos Xbox mengungkapkan kalau bentuk controller baru kompatibel dengan Xbox One maupun PC.

Bentuknya pun diklaim mengalami penyesuaian agar lebih nyaman. Juga menambahkan tombol share ke Xbox Elite Series 2 ini.

Paling mencolok dari pengumuman ini pastinya adalah wujud konsol game baru Xbox Series X itu sendiri. Dengan wujud kotak hitam nan gagah.

Di sisi atasnya, nampak terlihat ada lubang sirkulasi udara. Diduga sebagai saluran pembuangan udara panas dari dalam Xbox Series X.

Xbox Series X. (Xbox)
Xbox Series X. (Xbox)

 

Bentuk konsol game hitam legam ini mengingatkan pada casing PC ukuran Mini ITX. Berbeda dari seri Xbox One yang lebih mirip dengan DVD player.

Dari sisi jeroan, dipastikan kalau Xbox Series X ini masih memakai custom chip buatan AMD. Hanya saja memakai seri terbaru mereka.

Xbox Series X telah memakai arsitektur prosesor AMD Zen 2 dan arsitektur GPU RDNA. Yang diklaim memiliki performa yang tinggi.

Box Xbox mengklaim kalau konsol game baru ini bisa menjalankan game beresolusi 4K 60 fps. Dan memungkinkan jalan di 120 fps.

Xbox Series X juga mendukung Variable Refresh Rate, tidak ketinggalan resolusi hingga 8K. Juga ditambahkan teknologi Variable Rate Shading.

SSD generasi terbaru juga telah disematkan pada konsol game ini. Tidak hanya meminimalisr waktu loading, juga menunjang performa.

Lalu kapan Xbox Series X ini akan diluncurkan? Rencananya konsol game ini akan tersedia di pasaran pada musim libur 2020 mendatang.

Kira-kira untuk pasar Amerika Utara, musim libur tiba kisaran November. Untuk tanggal pastinya belum secara detail diumumkan.

Dalam rilisnya, dipastikan kalau game-game first party seperti Halo Infinite akan ikur hadir pada 2020 mendatang.

Soal harga, Phil Spencer masih belum mau mengungkapnya. Diprediksi harga Xbox Series X ini baru diungkap pada awal 2020 nanti.

Dengan dikenalkannya Xbox Series X ini, nampak kalau curi start dari PlayStation 5. Konsol game Sony tersebut masih belum diungkap secara resmi.

Namun dipastikan Xbox Series X akan berhadapan dengan PlayStation 5 pada perang konsol game 2020 mendatang.

Terkait

Terkini