Minggu, 17 November 2019

EA Bakal Kembali Jual Game PC di Steam, Ini Bocorannya

EA akan mengambil langkah seperti Ubisoft dulu waktu mesra dengan Steam.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Logo Steam dan EA. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Electronic Arts (EA) sempat menjual game PC mereka di Steam. Namun semenjak membuka toko sendiri, Origin menjadi tempat jualan EA.

Setelah bertahun tahun mendistribusikan game PC mereka di Origin, EA nampaknya akan kembali menghadirkan game mereka di Steam.

Mengingat saat ini Steam masih menjadi distribusi game PC secara digital terbesar. Meski ada Epic Games Store dan pesing lainnya, masih Steam paling digdaya.

Beberapa publisher memilih untuk berada di distribusi lainnya, seperti Epic Games Store karena Steam mengambil 30 persen hasil penjualan game PC.

Meski banyak fasilitas yang diberikan Steam, namun potongan 30 persen dianggap terlalu besar. Hingga datang Epic Games Store yang memotong lebih kecil.

Lalu ada juga seperti EA yang membuka toko game sendiri, Origin. Begitu juga Ubisoft dengan UPlay, dan CD Projekt Red dengan GOG.com.

Berbeda dengan CD Projekt Red dan Ubisoft yang menarik game PC mereka di toko lain, EA cenderung eksklusif di Origin.

Game PC EA muncul Steam. (Steam)
Game PC EA muncul Steam. (Steam)

 

Namun kabar terbaru, menunjukkan tanda-tanda EA kembali ke Steam. Hal ini turungkap dari temuan baru di tampilan baru Steam.

Dalam foto resmi tampilan baru Steam, muncul ikon game Mirror's Edge Catalyst. Seperti diketahui, game PC ini eksklusif di Origin.

Selain itu, munculnya proses update package untuk game Dragon Age 2 di Steam. Mengingat game ini tidak lagi tersedia di Steam.

Kenapa game yang sudah tidak tersedia lagi di Steam mendapatkan packages baru dan update kategori? Diduga game ini akan kembali dijual di Steam.

Selain itu, akun Twitter @RobotBrush menemukan file konfigurasi yang mengindikasikan integrasi antara Steam dengan Origin.

Hal ini sudah terjadi sebelumnya pada Steam dan Uplay milik Ubisoft. Mengindikasikan EA akan seperti Ubisoft di Steam.

Yaitu game PC EA bakal bisa didapatkan melalui Steam, namun membutuhkan login atau koneksi ke Origin.

Konfigurasi integrasi Origin dan Steam. (Twitter/ RobotBrush)
Konfigurasi integrasi Origin dan Steam. (Twitter/ RobotBrush)

 

Kita tunggu saja kabar lebih detailnya nanti. Apakah benar game PC EA akan kembali ke Steam, dan bagimana hubungan mereka.

Terkait

Terkini