Rabu, 20 November 2019

Dilahirkan Rabun Jauh, Mata Remaja Ini Cacat Usai Kecanduan Game Mobile

Remaja tersebut kini tengah menjalani perawatan untuk memperlambat rabun jauhnya.

Dinar Surya Oktarini
cover_caption
Ilustrasi anak bermain game. (Poxabay/ natureaddict)

Hitekno.com - Seorang remaja di China mengalami perubahan bentuk bola mata akibat rabun jauh yang ia derita sejak lahir ditambah kecanduan bermain game di smartphone.

Dilaporkan Oriental Daily, bocah laki-laki berusia 15 tahun dari Provinsi Guandong itu dilahirkan dengan miopia bawaan, suatu penderitaan yang berkembang pada bayi dan menyebabkan rabun jauh.

Karena adanya penyumbatan di sepanjang jalur visual, mata menjadi memanjang sebagai respon menghasilkan jarak yang kabur.

Meskipun efeknya bisa diperlambat sejak dini, keluarga bocah itu mengatakan bahwa dia tidak mau memakai kacamata karena dia takut diejek teman-teman kelasnya.

Namun remaja itu hanya bisa membaca hanya dari jarak 15 cm dari wajahnya. Pemeriksaan di rumah sakit mengungkapkan bahwa struktur matanya telah sangat cacat.

Ilustrasi bermain game. (Pixabay/ Peggy und Marco Lachmann-Anke)
Ilustrasi bermain game. (Pixabay/ Peggy und Marco Lachmann-Anke)

 

Bola matanya memanjang menjadi 31,5 mm dari 7mm lebih lama dari rata-rata.

Dokter mengatakan bahwa miopia di mata kanannya mencapai setinggi 2.400 derajat, sedangkan mata kirinya sedikit lebih baik 2.300 derajat.

Sebagai tolak ukur, angka 600 sudah dianggap sebagai miopia tinggi, sedangkan angka 1.200 derajat dianggap ekstrem.

Dengan keadaan seburuk itu, setidaknya dia mendapatkan perawatan sekarang. Para dokter mengatakan bahwa ia juga berisiko mengalami retina terlepas karena bentuk bola mata yang cacat.

Remaja tersebut kini tengah menjalani perawatan untuk memperlambat rabun jauhnya.

Terkait

Terkini