Sabtu, 19 Oktober 2019

Umumkan PlayStation 5, Sony Malah PHK Karyawan

Di kala gamer gembira sambut pengumuman PlayStation 5, ada yang sedih kehilangan pekerjaanya.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Controller PlayStation 4, DualShock 4. (PlayStation)

Hitekno.com - Sony Interactive Entertainment baru saja mengenalkan konsol game baru mereka, PlayStation 5. Namun kabar buruk mengikuti pengumuman ini.

PlayStation 5 adalah konsol game next-gen yang akan diluncurkan pada musim liburan 2020 mendatang. Yang pastinya disambut antusias dan gemira para gamer.

Namun kabar buruknya, tak berselang lama dari pengumuman PlayStation 5, Sony melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada karyawan.

Diwartakan VideoGameChronicle, para direktur cabang Amerika mendatangi Sony Interactive Entertainment Europe (SIEE).

Dalam kehadiran mereka di Eropa, diumumkan kalau Sony akan melakukan perombakan. Atau lebih tepatnya perampingan sehingga harus melakukan PHK karyawan.

Tindakan yang sangat berani dilakukan Sony menjelang peluncuran konsol game baru mereka. Terlebih pengurangan terdampak pada beberapa divisi.

Bahkan divisi marketing dan PR yang seharusnya jadi ujung tombak juga tidak luput dari PHK karyawan Sony kali ini.

Logo Sony PlayStation. (Sony)
Logo Sony PlayStation. (Sony)

 

Dalam perampingan ini, Sony melakukan interview ulang pada karyawan mereka di London. Yang nantinya akan dipilah mana yang kena PHK karyawan.

Keputusan PHK karyawan ini ternyata tidak hanya dilakukan Sony di Eropa. Ternyata di Amerika pun sudah dilakukan lebih dulu.

Beberapa karyawan di divisi kreatif Sony Amerika telah lebih duku kena imbasnya. Lalu kini giliran Sony Eropa.

Disebutkan kalau perampingan ini dilakukan dalam rangka optimalisasi operasional mereka di beberapa wilayah.

Diduga kalau masing-masing wilayah memiliki prosedur kerja yang berbeda-beda. Hal yang dikeluhkan publisher third-party mereka.

Para publisher third-party merasa kesulitan jika memasarkan game PlayStation 4 mereka di region berbeda-beda dengan metode dan alur berbeda.

Konsol game Sony PlayStation 4 Slim. (PlayStation)
Konsol game Sony PlayStation 4 Slim. (PlayStation)

 

Menurut laporan ini pula, diketahui kalau para karyawan tidak tahu menahu soal langkah besar yang ingin dilakukan perusahaan ke depannya.

Bahkan termasuk kehadiran konsol game PlayStation 5 nantinya. Namun pastinya mereka yang kena PHK karyawan merasa sangat kecewa.

Terkait

Terkini