Selasa, 10 Desember 2019

Mario Kart Tour Raih 20 Juta Download 1x24 Jam, Tapi Profitnya Malah Kecil

20 juta download didapatkan Mario Kart Tour di hari pertamanya. Tapi profitnya kalah jauh dari game mobile lainnya.

Agung Pratnyawan
Mario Kart Tour hadir ke iOS dan Android. (Nintendo)
Mario Kart Tour hadir ke iOS dan Android. (Nintendo)

Hitekno.com - Game baru dari Nintendo, Mario Kart Tour langsung memecahkan rekor download game mobile dalam 1 x 24 jam. Puluhan juga download didapatkan game balap ini.

Franchise Mario Kart sendiri sudah ada sejak lama dikenalkan Nintendo. Namun baru akhir September 2019 dihadirkan sebagai game mobile di Android maupun iOS.

Game baru Nintendo ini langsung disambut antusias oleh para gamer. Bahkan menurut Sensor Tower, game mobile ini membukukan 20 juta download dalam 1 x 24 jam.

Hanya dalam waktu sehari saja, jumlah download sebanyak itu dicapai Mario Kart Tour gabungan dari jumlah download di Android dan iOS.

Hebatnya lagi, angka download ini menjadi rekor baru game mobile. Mario Kart Tour menjadi game mobile dengan jumlah download terbanyak di hari pertama peluncuran.

Menurut Sensor Tower, rekor download Mario Kart Tour ini melampaui game mobile Nintendo lainnya di hari pertama peluncurannya.

Game mobile ini mengalahkan rekor sebelumnya yang ditempati oleh Super Mario Run dengan 7 juta download. Dan Fire Emblem Herois dengan 1,8 juta download.

Ilustrasi karakter pada Mario Kart Tour. (Nintendo)
Ilustrasi karakter pada Mario Kart Tour. (Nintendo)

 

Sedangkan Animal Crossing Pocket Camp sendiri hanya mendapatkan 1,7 juta download. Lalu Dr. Mario hanya 650 ribu download di hari pertama.

Jumlah download Mario Kart Tour sendiri memang mengejutkan. Siapa yang menyangka game balap ini bisa mendapatkan 20 juta download hanya di hari pertamanya.

Namun sayangnya, jumlah download tak sebanding dengan keuntungan Nintendo dari game mobile ini. Seperti diketahui, game baru ini memang free to play, namun ada in app purchase.

Seperti diketahui, Fire Emblem Heroes mendapatkan keuntungan 4,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 61 miliar di hari pertama peluncurannya.

Sedangkan Super Mario Run mencatatkan pendapatan 4 juta dolar AS atau sekitar Rp 56,7 miliar di hari pertama peluncurannya.

Menurut Sensor Tower, Mario Kart Tour mendapatkan keuntungan kurang dari 1 juta dolar AS di hari pertamanya. Padahal mencatatkan rekor 20 juta download.

Hal ini diduga karena adanya sistem langganan Gold Pass 5 dolar AS atau sekitar Rp 70.000 perbulan untuk bisa menikmati layanan game secara premium.

Rekor download Mario Kart Tour. (Sensor Tower)
Rekor download Mario Kart Tour. (Sensor Tower)

 

Gold Pass ini memberikan free trial 2 minggu untuk menikmati Mario Kart Tour secara premium tanpa biaya. Hal ini diduga sebagai alasan kenapa pendapatannya sangat rendah.

Apakah kamu sudah menjajal game mobile Nintendi ini? Kalau belum jajal saja Mario Kart Tour ini mumpung sedang ramai dimainkan.

Terkait

Terkini