Rabu, 23 Oktober 2019

Demi Dapatkan Control, Epic Games Store Rela Kucurkan Rp 147 M

Epic Games Store melakukan segala cara untuk merebut game PC dari Steam.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Game PC Control. (Remedy Entertainment)

Hitekno.com - Control salah satu game yang menarik perhatian banyak gamer akhirnya dirilis juga ke PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Namun untuk game PC hadir lebih dulu lewat Epic Games Store.

Bukan rahasia lagi, Epic Games Store memang rela untuk mendapatkan eklusivitas sebuah game PC di tempat mereka. Termasuk untuk game garapan Remedy Entertainment ini.

Control adalah game bergenre action adventure dengan sentuhan sci-fi karya developer Remedy Entertainment yang dirilis oleh 505 Games.

Game PC ini memang membuka halaman penjualan di Steam, namun belum ditentukan tanggal peluncurannya. Karena memang versi PC hadir lebih dulu secara eksklusif di Epic Games Store.

Menurut laporan keuangan dari Digital Bros, induk perusahaan 505 Games yang meluncurkan game Control ini terkuak kerja sama dengan Epic Games.

Menurut analis industri game, Danile Ahmad, dalam laporan tersebut menampilkan Digital Bros mendapatkan asupan dana dari Epic Games Store yang tak sedikit.

Bahkan disebutkan, Epic Games Store menggelontorkan dana sekitar 9,49 juta Euro atau sekitar Rp 147 miliar demi mendapatkan game PC Control.

Game PC Control. (Remedy Entertainment)
Game PC Control. (Remedy Entertainment)

 

55 persen dari uang sebanyak itu, langsung masuk ke kantong 505 Games di hari pertama. Dana yang cukup besar langsung diterima publisher ini.

Hal ini diperkuat pernyataan dari Digital Bros yang menyebutkan kalau Control telah meraup pendapatan meski belum diluncurkan ke pasaran.

Dengan uang yang segitu besarnya, tak heran jika banyak publisher gamer tergiur untuk menempatkan game PC mereka di Epic Games Store.

Distribusi game PC digital ini memang memberlakukan bayar di muka bagi game-game yang mau eksklusif di Epic Games Store. Belum lagi sistem bagi hasil yang lebih besar pada publisher.

Setelah Control, Game PC apa lagi yang akan memilih Epic Games Store dibandingkan Steam? Bagaimana pendapatmu? Apakah pilih di Steam aja, atau berminat ke Epic Games Store?

Terkait

Terkini