Jum'at, 20 September 2019

5 Game Favorit Hideo Kojima, dari Jadul Hingga Rilisan Baru

Adakah game ini yang pernah kamu mainkan?

Agung Pratnyawan
cover_caption
Hideo Kojima. (Instagram/ @hideo_kojima)

Hitekno.com - Hideo Kojima, sosok ternama dalam industri video game pastinya main game juga. Pria di balik kesuksesan Metal Gear Solid ini punya game favorit yang cukup menarik.

Hal ini diungkapkannya ketika wawancara dengan Eurogamer. Hideo Kojima membeberkan game favorit dari judul lama hingga game baru.

Pasti banyak yang penasaran, seperti apa game favorit kreator Death Stranding ini. Apakah ada hubungannya dengan game-game yang sukses ia produksi sebelumnya?

Pria asal Jepang ini ternyata punya deretan game favorit sepanjang masa yang cukup menarik dan sangat variatif dari berbagai genre.

Dari side scrolling platformer, visual novel point and click, vertical-scrolling shooter, hingga RPG dan puzzle masuk ke daftar game favorit Hideo Kojima.

Memang didominasi game-game lama, mengingat kreator Death Stranding memang sudah lama berkecimpung di industri video game. Namun ada pula game baru yang menarik perhatiannya.

Berikut ini, 5 game favorit Hideo Kojima yang diungkapkannya ketika diwawancarai Eurogamer.

Super Mario Bros

Super Mario Bros. (Nintendo)
Super Mario Bros. (Nintendo)

 

Siapa sih yang tidak tahu Super Mario Bros, game legendari dari Nintendo ini. Bahkan Hideo Kojima pun suka sama game satu ini.

Tak perlu banyak perkenalan, game rilisan September 1985 ini menjadi salah satu game paling ikonik dan legendaris dari Nintendo dan industri game.

Portopia Renzoku Satsujin Jiken (The Portopia Serial Murder Case)

Portopia Renzoku Satsujin Jiken. (Enix)
Portopia Renzoku Satsujin Jiken. (Enix)

 

Wajar jika kamu tidak pernah mendengar game dengan judul Portopia Renzoku Satsujin Jiken ini. Game visual novel ini pertama diluncurkan pada Juni 1983.

Game detektif ini diedesain oleh Yuji Horii, sosok di balik Dragon Quest. Dengan grafis sangat sederhana, game ini mengusung cerita yang sangat mendalam.

Xevious

Xevious. (Namco)
Xevious. (Namco)

 

Seperti kebanyakan orang Jepang, Hideo Kojima juga menggemari game shooter. Bukan shooter seperti FPS, namun vertikal shooter atau tembak-tembakan pesawat.

Xevious bukan nama besar di genre ini, namun game keluaran 1983 punya penggemarnya sendiri. Game ini awalnya dihadirkan ke Arcade, namun akhirnya diporting ke konsol game.

Outer World (Another World, Out of This World)

Another World, Out of This World.(Steemit)
Another World, Out of This World.(Steemit)

 

Di barat dikenal dengan nama Out of This World atau Outer World, sedangkan di Jepang lebih dikenal dengan judul Another World.

Game rilisan 1991 ini mengusung genre cinematic platformer action-adventure game oleh Delphine Software dan Interplay. Game ini hadir ke berbarbagai macam platform.

Inside

Inside. (PlayDead)
Inside. (PlayDead)

 

Dikembangkan oleh develoepr yang sukses dengan Limbo, Inside hadir sebagai game 2D puzzle yang jauh lebih menarik. Bahkan game ini mendapatkan banyak penghargaan dan review positif.

Game garapan Playdead ini hadir di PC, PlayStation 4, Nintendo Switch, iOS, Xbox One. Kalau belum pernah main Inside, sangat disarankan untuk mencobanya.

Itulah 5 game favorit Hideo Kojima sepanjang masa. Adakah game di atas yang juga jadi favoritmu?

Terkait

Terkini