Rabu, 23 Oktober 2019

PC Master Race! PlayStation 5 Tak Akan Sekuat Nvidia GeForce RTX 2080

Tapi, ada kelebihan lain dari PlayStation 5 yang tak bisa dilawan Nvidia GeForce RTX 2080.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Nvidia GeForce RTX vs PlayStation. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Kabar gembira untuk para PC Master Race, atau gamer PC kelas berat. Karena konsol game baru Sony, GPU PlayStation 5 disebut-sebut tak akan melampaui Nvidia GeForce RTX 2080.

PlayStation 5 sendiri disebutkan akan memakai arsitektur baru AMD. Yang digadang-gadang sangat bertenaga, bahkan mendukung Ray-tracing.

Menurut diwartakan Techradar, muncul bocoran baru dari GPU PlayStation 5. Di mana GPU dari AMD ini punya clock yang cukup tinggi.

Dari rumor yang didengungkan Komachi, GPU yang akan digunakan PlayStation 5 akan berjalan di 2,0 GHz. Angka yang sangat tinggi untuk sebuah konsol game.

Meski sangat tinggi, namun masih belum bisa menyaingi kekuatan dari kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080. Kartu grafis kelas atas buruan para PC Master Race.

Sehingga performa grafis PC akan tetap lebih tinggi jika dibandingkan dengan konsol game next-generation dari Sony ini.

Sedangkan menurut Wccftech, menyebutkan kalau GPU PlayStation 5 akan mengalahkan kartu grafis AMD Radeon RX 5700 XT.

Nvidia GeForce RTX dan Dualshock 4. (HiTekno.com)
Nvidia GeForce RTX dan Dualshock 4. (HiTekno.com)

 

Kartu grafis AMD Radeon RX 5700 XT ini memang masih jauh dibandingkan Nvidia GeForce RTX 2080. Namun bukan kartu grafis sembarang juga.

Selain bisa memainkan game PC lancar di 1440p, juga bisa bermain di 4K. Meski begitu, belum mendapatkan dukungan Ray-tracing sehandal seri RTX milik Nvidia.

Namun jangan PC Master Race tak boleh berbangga dulu, kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080 punya harga yang sangat mahal sekitar 719 dolar AS atau lebih dari Rp 10 juta.

Harga ini jelas lebih tinggi dibandingkan prediksi harga PlayStation 5. Belum lagi, itu baru harga kartu grafis saja, belum dengan komponen lain.

Terkait

Terkini