Kamis, 14 November 2019

Epic Games Store Siapkan Cloud Saves, Fitur Wajib yang Harusnya Ada

Sejak dikenalkan Steam pada 2008, sekarang fitur cloud saves jadi sangat penting.

Agung Pratnyawan
cover_caption
CEO Epic Games, Tim Sweeney. (Wikipedia Commons/GDC)

Hitekno.com - Epic Games Store hadir sebagai distribusi game PC secara digital. Kehadirannya sempat disebut-sebut sebagai pesaing Steam, namun malah dapat respon negatif dari gamer.

Gamer menilai Epic Games Store belum siap menjadi distributor game PC secara digital. Beberapa fitur yang seharusnya dimiliki belum dihadirkannya.

Dari user review, halaman komunitas, mekanisme refunds yang jelas, termasuk Cloud Saves. Namun perlahan fitur ini bakal hadir ke Epic Games Store.

Dimulai dari Cloud Saves, yang sedang disiapkan untuk dirilis tak lama lagi. Hal ini diungkapkan sendiri oleh CEO Epic Games, Tim Sweeney.

Berawal dari seorang gamer menanyainya di Twitter mengenai fitur Cloud Save di game Moonlighter. Diakuinya, fitur Cloud Save ini telah bisa digunakan untuk beberapa game.

"Cloud saves baru diaktifkan untuk beberapa game saat ini. Kamu masih punya waktu untuk mengerjakannya sebelum diluncurkan lebih luas lagi," tulis Tim Sweeney di Twitter.

Kehadiran fitur cloud saves ini memang penting bagi gamer. Selain memudahkan menerusakan progres game ketika berpindah perangkat, juga lebih aman jika perangkat rusak.

Cloud Saves di Epic Games Store. (Twitter/ @TimSweeneyEpic)
Cloud Saves di Epic Games Store. (Twitter/ @TimSweeneyEpic)

 

Ketidakadaan fitur ini menjadikan Epic Games Store ketinggalan dibandingkan distribusi game PC digital lainnya. Seperti Steam sudah menghadirkan fitur ini sejak lama.

Bahkan sejak 2008 Steam telah memperkenalkan cloud saves ini. Dan mulai marak digunakan pada 2013, yang kini jadi sebuah fitur penting dalam game.

Namun Epic Games Store tidak hanya ketinggalan dalam fitur cloud saves ini. Masih banyak fitur penting yang belum hadir di distribusi game PC secara digital ini.

Terkait

Terkini