Selasa, 21 Mei 2019

Kok Bisa Nintendo Switch Mainkan Game Xbox? Ini Rahasianya

Kuncinya adalah emulator.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Ilustrasi Nintendo Switch jalankan emulator Xbox. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Meski tidak memiliki spesifikasi sekuat konsol game modern lainnya, namun Nintendo Switch ini tidak bisa dianggap remeh.

Seorang hacker mampu memasang sebuah emulator Xbox original ke Nintendo Switch. Emulator Xbox dengan nama XQEMU diklaim bisa jalan sempurna di konsol handheld ini.

Bahkan hacker dengan akun Voxel9 ini mendemonstrasikan seperti apa kinerja konsol game Nintendo Switch ini untuk menjalankan emulator Xbox.

Voxel9 juga mengunggah video ketika menjalankan emulator XQEMU ini. Dalam video ia mendemonstrasikan dua game Xbox yang cukup terkenal.

Dengan Nintendo Switch, hacker ini bisa menjalankan game Xbox Halo: Combat Evolved dan JSRF: Jet Set Radio Future dengan XQEMU.

Kedua game ini dapat berjalan mulus tanpa crash maupun eror. Walau begitu, performa dari kedua game ini masih jauh dari sempurna seperti di konsol game aslinya.

Hal ini bukan berarti hardware Nintendo Switch yang kurang kuat. Melainkan software emulator yang dipakainya masih membatasi performa game Xbox tersebut.

Apa yang telah dilakukan hacker ini jadi langkah awal untuk pengembangan emulator Xbox ke Nintendo Switch ke depannya. Karena tidak menutup kemungkinan masih bisa dikembangkan.

Kita tunggu saja seperti apa perkembangan emulator Xbox di Nintendo Switch ini. Game Xbox apa yang bakal menarik jika dijalankan konsol game ini?

Terkait

Terkini