Rabu, 11 Desember 2019

Digratiskan, CSGO Malah Dibanjiri Review Negatif

Karena gratis, makin banyak hal yang dikhawatirkan.

Agung Pratnyawan
CSGO digratiskan dan dapat mode battle royale. (Counter-strike)
CSGO digratiskan dan dapat mode battle royale. (Counter-strike)

Hitekno.com - Setelah dijual selama 6 tahun, akhirnya Counter-Strike: Global Offensive (CSGO) kini gratis. Tak hanya gratis, Valve juga menambahkan mode battle royale ke CSGO.

Nama besar CSGO atau Counter Strike sendiri telah lama terbangun, dari warnet hingga eSports. Bahkan sejak awal game Counter Strike selalu jadi game eSport yang banyak diminati.

Kini Valve mengumumkan untuk menambahkan mode battle royale di CSGO dengan nama Danger Zone. Mode yang mirip dengan game battle royale pada umumnya.

Segerombolan pemain diterjunkan ke sebuah tempat untuk saling membunuh hingga waktu yang ditentukan habis. Mirip kan dengan game battle royale lain?

Yang dulunya harus membeli game lebih dulu untuk memainkannya, kini tersedia gratis. CSGO kini bisa di-download gratis di Steam.

CSGO gratis di Steam. (steampowered)
CSGO gratis di Steam. (steampowered)

 

Semenjak digratiskan, jumlah pemain CSGO tiba-tiba naik drastis. Dari data Steamdb, terjadi lonjakan pemain CSGO pada 7 Desember 2018.

Setiap hari jumlah pemain CSGO rata-rata mencapai 450 ribu pemain. Namun sejak digratiskan pada 7 Desember 2018, pemain CSGO melonjak jadi 660 ribu.

Lonjakan pemain CSGO. (Steamdb)
Lonjakan pemain CSGO. (Steamdb)

 

Sayangnya, lonjakan jumlah pemain ini juga diikuti dengan peningkatan review negatif. Padahal sebelumnya, review CSGO di Steam selalu didominasi positif.

Dari halaman CSGO di Steam sendiri termuat pengumuman kalau game ini mendapatkan peningkatan review negatif sejak 7 Desember 2018.

Di tanggal tersebut, secara mendadak CSGO mendapatkan lebih dari 14 ribu review negatif. Lonjakan yang cukup tinggi dalam waktu sekejap.

Review negatif CSGO di Steam. (steampowered)
Review negatif CSGO di Steam. (steampowered)

 

Walaupun jumlah review positif lebih banyak, tapi itu didapatkan jauh sebelum game ini mendapatkan mode battle royale dan digratiskan Valve di Steam.

Review negatif yang datang ini bukan hanya karena mode battle royale Danger Zone saja. Namun beragam ketidak jelasan yang dialami pemain lama.

Banyak pemain lama yang sudah membeli game ini mempertanyakan apa yang mereka dapatkan setelah CSGO kini gratis.

Banyak yang menginginkan refund dana dibandingkan cuma mendapatkan status prime atau loyalty reward. Juga kekhawatiran cheater baru yang mulai masuk ke CSGO.

Semoga Valve tak tinggal diam ketika mendapati CSGO mendapatkan banyak review negatif. Apa yang akan dilakukan Valve nanti?

Terkait

Terkini