Gadget

Tengah Melejit, Ini Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

Kira-kira apa saja ya perbedaan TikTok vs TikTok Lite?

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite. Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Kon Karampelas)
Perbedaan TikTok dan TikTok Lite. Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Kon Karampelas)

Hitekno.com - TikTok tengah menjadi platform video pendek yang tengah digandrungi anak muda maupun orang dewasa. Terdapat dua aplikasi yang tersedia yaitu TikTok dan TikTok Lite.

Apa perbedaan kedua versi tersebut? Sebenarnya secara tampilan dan pengalaman penggunaan kedua aplikasi tidak jauh berbeda.

Mereka juga sama-sama dikembangkan oleh ByteDance. Dikutip dari Techcrunch, versi Lite dari TikTok diluncurkan pada 6 Agustus 2018 di Thailand. Namun secara perlahan aplikasi tersedia di pasar utama Asia termasuk Indonesia, Vietnam, Malaysia dan Filipina.

Sejak debut pertama kali, TikTok Lite berkembang menjadi 5 juta pengintalan pada Agustus 2018. Dilihat melalui Play Store, TikTok Lite sudah diunduh lebih dari 100 juta kali.

Laporan dari Techcrunch, bersumber data dari Sensor Tower, aplikasi TikTok sudah diunduh lebih dari 350 juta kali hanya dalam awal kuartal tahun lalu saja.

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

 

Secara total, Sensor Tower menyebutkan bahwa unduhan aplikasi sudah melebihi 2 miliar pada 2020. Perbedaan TikTok Lite dengan TikTok terletak bahwa besaran aplikasinya.

TikTok versi standar membutuhkan lebih dari 75 MB untuk mengunduhnya pertama kali. Sementara TikTok Lite hanya membutuhkan 21 MB saja. Versi Lite akan memaksimalkan jaringan internet yang lebih lambat dengan penggunaan memori lebih rendah.

Kesimpulannya adalah TikTok Lite merupakan aplikasi lebih ringan jika dibandingkan TikTok biasa. Apabila kalian sudah memiliki akun sama di TikTok dan log-in di TikTok Lite, maka akun kalian masih bisa mengakses platform video tersebut. Itu juga termasuk daftar Like dan juga beberapa video yang sudah tersimpan.

Ilustrasi poin untuk hasilkan uang di TikTok Lite. (TikTok)
Ilustrasi poin untuk hasilkan uang di TikTok Lite. (TikTok)

 

Versi Lite cukup cocok bagi "HP kentang" dengan penyimpanan internal terbatas. Varian Lite juga mempunyai pemasaran yang cukup unik. Aplikasi tersebut diklaim memberikan hadiah berupa uang bagi pengguna yang sudah melakukan "quest" khusus.

Mengundang banyak teman bisa menghasilkan poin melimpah berikut dengan mengunggah serta menonton video. Sejumlah koin dalam jumlah tertentu bisa ditukarkan dengan hadiah uang. Duet/Reach tersedia di versi TikTok standar sementara TikTok Lite tidak memiliki pilihan tersebut.

Versi Lite menawarkan dominasi background putih sedangkan nuansa lebih gelap ada pada varian reguler. Itulah tadi perbedaan TikTok dan TikTok Lite, tertarik memilih yang mana?

Berita Terkait