alexametrics
Gadget
Minggu, 09 Mei 2021

Review Rexus Legionare MX20 Pro, Keyboard Gaming Mechanical Solid

Cari keyboard gaming mechanical yang Full RGB, cek Rexus Legionare MX20 Pro ini.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)
Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Sedang mencari keyboard gaming dengan gemerlap RGB? Produk dari Rexus ini bisa jadi salah satu pilihan yang menarik. Simak berikut review Rexus Legionare MX20 Pro dari HiTekno.com.

Secara sekilas, terlihat Rexus Legionare MX20 Pro ini sebagai keyboard gaming dengan mechanical key dan dilengkapi dengan gemerlap LED RGB di berbagai sisinya. Namun bukan sekadar itu saja yang ditawarkannya.

Rexus Legionare MX20 Pro sendiri adalah keyboard dengan ukuran penuh. Alias dengan 108 tombol lengkap, dari function Num pad, bahkan hingga tombol pengaturan multimedia seperti volume.

Keyboard mechanical dari Rexus ini menggunakan switch dari Gateran. Untuk review Rexus Legionare MX20 Pro ini, HiTekno.com mendapatkan versi Gateron Switch Yellow.

Meski tidak sepopuler Outemu, Kaihua, dan Kaihl, Gateron sendiri bukan pemain baru di bidang switch keyboard mechanical. Mereka telah ikut memproduksi switch semenjak monopoli patennya dibuka pada 2004.

Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)
Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)

 

Berbeda dengan switch Blue dan Brown yang lebih pada tactile memberikan sensasi membal, switch Yellow lebih memberikan kesan linear hampir mirip dengan tipe Red.

Dengan sensasi linear dan lebih halus, Gateron Switch Yellow ini tidak hanya cocok untuk gaming saja. Namun membuat keyboard gaming ini bisa memenuhi beragam aktivitas.

Soal daya tahan, Gateron Switch Yellow diklaim memiliki durasi klik sampai 50 juta kali tekan. Cukup aman tidak hanya untuk gamer, namun juga yang banyak mengetik.

Desain dan Material

Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)
Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)

 

Dari sisi desain, Rexus Legionare MX20 Pro mengusung model desain penuh 108 tombol. Lengkap dengan numpad dan kelengkapan tombol selayaknya keyboard penuh pada umumnya.

Keyboard mekanika ini juga memakai desain frameless, alias tidak ada frame di sisi tombolnya. Membuat switch lebih terekpos dari samping, dan terkesan tombol melayang.

Model seperti ini selain membuat gemerlap RGB lebih terpancar luas, namun juga memudahkan ketika membersihkan debu di sela-sela tombolnya. Tinggal memiringkan keyboard, kotoran langsung berjatuhan.

Untuk LED RGB sendiri tidak perlu diragukan lagi, karena pengaturannya banyak dan titiknya tersebar luas. Tiap tombolnya memiliki lampu LED RGB sendiri-sendiri.

Rexus Legionare MX20 Pro juga memiliki wirst pad pada sisi bawahnya, yang meningkatkan kenyamanan pengguna. Terutama dalam aktivitas mengetik karena keyboard ini terasa cukup tebal.

Wrist pad sendiri bisa diteku ke dalam, namun untuk melepas sayangnya membutuhkan obeng. Membuatnya kuat tapi tidak mudah untuk mereka yang ingin melepasnya.

Soal material bahan yang digunakan, keyboard gaming Rexus ini tidak diragukan lagi. Bahannya terasa solid, dari bagian base keyboard hingga cap yang teras kuat dan tebal.

Dari beratnya pun terlihat kalau produk ini solid secara kualitas. Termasuk dari kabel USB yang gunakan pun tebal, dan mendapatkan perlindungan nilon braided.

Pengalaman Gaming dan Aktivitas Lain

Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)
Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)

 

Sebagai keyboard gaming tentu saja pengalaman bermain game jadi penting untuk Rexus Legionare MX20 Pro ini. Dan memang memberikan seperti apa yang dijanjikan dalam bermain game.

Meski tidak memberikan rasa membal atau tekanan balik saat memencet tombolnya, keyboard mechanical ini terasa nyaman untuk bermain game. Termasuk untuk game-game kompetitif, memberikan respon dan akurasi yang baik.

Dari berbagai game yang dicoba HiTekno.com untuk review Rexus Legionare MX20 Pro ini tidak mengalami kendala berarti. Dari game FPS seperti CS:GO, game acrtion RPG seperti Genshin Impact bisa dimainkan degan baik.

Sebagai keyboard gaming, Rexus Legionare MX20 Pro ini tentunya memberikan fitur yang mendukung bermain game. Fitur standar seperti lock Windows key ada, dan beberapa kombinasi Fn.

Untuk aktivitas mengetik pun terasa nyaman, terlebih keberadaan wrist pad yang meningkatkan kenyamanan. Terlebih dalam mengetik dalam waktu lama membuat posisi lebih ergonomis.

Sayangnya meski suara klik pada tekanan tombol tidak sekencang Blue Switch, tergolong cukup terdengar kencang. Terlebih jika dibandingkan Brown switch, atau bahkan keyboard membran.

Namun sensasi dan bunyi teknan tombol ini meningkatkan kepercayaan kalau tombol memang sudah tertekan dengan baik. Dan timing perintah yang diberikan bisa lebih presisi.

Fitur

Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)
Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)

 

Fitur menarik dari keyboard Rexus ini adalah pengaturan LED RGB yang sangatlah luas. Dari backligth yang memiliki beragam mode perubahan warna, juga bisa mendapatkan pengaturan kecepatan dan tingkat kecerahan.

Keyboard gaming ini memiliki 11 mode RGB, juga masih ada 8 mode breathing, hingga mode single color, dan interaktif. Yang masing-masing bisa diubah kecepatan dan kecerahannya.

Belum lagi ada LED RGB di sisi keyboardnya, yang juga memiliki pengaturannya sendiri. Dari mode perubahan warna hingga kecepatan dan intensitas kecerahannya juga.

Soal fitur RGB, Rexus Legionare MX20 Pro ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan beragam mode dan pengaturan yang luas, bisa kamu ubah sesuai dengan setup dan mood yang ingin kamu bangun.

Untuk gaming, keyboard ini dibekali fitur full anti-ghosting dan penguncian tombol Windows. Namun yang terpenting adalah akurasi dan presisi penekanan tombol pada mechanical switch.

Kelebihan:

Kekurangan:

 

Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)
Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)

 

Harga

Rexus telah melucurkan keyboard gaming ini ini pada 20 April 2021 kemarin. Untuk harga, Rexus Legionare MX20 Pro dibanderol Rp 1.199.000 namun ada promo diskon yang membuatnya cuma Rp 749.000 saja.

Dalam paket penjualan hanya diberikan puller atau pernarik keycap. Cadangan keycap dengan warna orange untuk Esc dan Enter. Juga berisi manual singkat dan kartu garansi resmi.

Kesimpulan

Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)
Rexus Legionare MX20 Pro. (HiTekno.com)

 

Hasil review Rexus Legionare MX20 Pro dari HiTekno.com mendapati kalau keyboard gaming ini solid. Dari material yang berkualitas, desain kokoh, fitur dan pengalaman pemakaian yang solid.

Cocok untuk kamu yang mencari keyboard mechanical full layout 108 tombol, dan tidak hanya untuk main game saja. Karena tetap nyaman untuk aktivitas mengetik dalam waktu lama.

Itulah hasil review Rexus Legionare MX20 Pro, keyboard gaming solid yang tidak hanya untuk main game. Dan menjadi pilihan menarik untuk budget ramah di kantong.

Terkait

Terkini