alexametrics
Gadget
Rabu, 19 Mei 2021

GeForce RTX 3060 Jebol, Nvidia Siapkan Chip Baru dengan Limitasi Mining

Nvidia siapkan mekanisme baru anti mining.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Mining Rig penuh RGB lebih ramai dari PC gaming. (Facebook/ Lambe Hardware PC)
Mining Rig penuh RGB lebih ramai dari PC gaming. (Facebook/ Lambe Hardware PC)

Hitekno.com - Limitasi kartu grafis GeForce RTX 3060 agar tidak digunakan untuk menambang koin kripto atau mining ternyata jebol. Untuk itu, Nvidia dilaporkan menyiapkan chip GPU baru.

GeForce RTX 3060 yang menggunkan chip GPU dengan kode GA106-300, sebelumnya dibekali dengan limitasi khusus yang mendeteksi aktivitas mining atau penambangan koin kripto.

Karena Nvidia niat awalnya menghadirkan kartu grafis seri ini untuk para gamer, karenanya membatasi kemampuan dalam aktivitas mining. Berharap memenuhi permintaan pasar PC gaming yang langka VGA.

Namun tak sengaja Nvidia melepas update driver baru yang membuat limitasi pada kartu grafis tersebut tak berjalan. Sehingga miner bisa memaksimalkan kemampuan perangkat ini untuk menambang.

Diwartakan Videocardz, muncul bocoran yang menyebutkan kalau Nvidia telah menyiapkan chip baru dengan kode GA106-302 akan menggantikan GA106-300 yang digunakan GeForce RTX 3060.

Kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060. (Nvidia)
Kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060. (Nvidia)

 

Diklaim kalau limitasi baru pada GA106-302 ini lebih mendalam, dan tidak terdampak pada update driver sebelumnya. Sehingga diharapkan jadi solusi gamer yang tidak kebagian kartu grafis.

Selain itu, disebutkan kalau Nvidia memiliki mekanisme baru dalam melakukan pembatasan kemampuan. Sehingga VGA ini tetap lancar untuk main game, namun dibatasi kemampuannya dalam mining koin kripto.

Seperti para miner Etherium yang sebelumnya menggunakan kartu grafis seperti GeForce RTX 3060 yang telah dibobol limitasinya. Namun dengan chip baru nantinya tidak akan bisa memaksimalkan.

Sayangnya tidak ada konfirmasi dari Nvidia terhadap penggantian chip GA106-300 ke GA106-302 untuk GeForce RTX 3060. Namun diperkirakan GPU baru ini baru hadir pada Mei mendatang.

Kita nantikan saja, apakah langkah Nvidia dalam membati kartu grafis GeForce RTX 3060 agar tidak digunakan untuk mining. Dengan chip GPU baru ini, apakah tidak jebol lagi?

Terkait

Terkini