Gadget
Senin, 12 April 2021

Xiaomi Akan Gunakan Chipset Buatan Sendiri, Kembalikan Surge?

Sebelumnya, Xiaomi pernah gunakan chipset mereka sendiri yang bernama Surge.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi memastikan akan mengembalikan seri Mi Mix yang meluncurkan HP baru. Namun ditengah kabar ini, muncul informasi yang menyebutkan kalau mereka kembali menggunakan chipset sendiri.

Sebagai informasi, Xiaomi pernah menggunakan chipset mereka sendiri yang dinamakan Surge S1 pada Mi 5C. Namun telah mereka tinggalkan.

Setelah sekian lama, muncul informasi yang menunjukkan kalau perusahaan asal China ini bakal kembali mengeluarkan chipset buatan mereka sendiri.

Kabar tersebut terungkap dari poster peluncuran Mi Mix yang dijadwalkan pada 29 Maret nanti di China.

Dalam poster yang dibagikan di situs microblogging China Weibo, chip yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi ini sedang dalam perjalanan.

Dikutip dari XDA Developers, Minggu (28/3/2021), beberapa pihak eksekutif perusahaan juga membagikan teaser poster yang menampilkan kata-kata 'surged' atau 'surging', yang diyakini sebagai nama chipset tersebut.

Ini bukan pertama kali Xiaomi menghadirkan chipset buatan sendiri. Pada 2017 lalu, perusahaan telah menghadirkan chipset yang disebut Surge S1 pada smartphone Mi 5C.

Poster peluncuran Mi Mix. (Xiaomi)
Poster peluncuran Mi Mix. (Xiaomi)

 

Bahkan, Xiaomi mengklaim chipset buatannya itu lebih kuat dari prosesor buatan Qualcomm saat itu, Snapdragon 625.

Xiaomi belum membagikan informasi lanjutan saat ini, namun poster itu menandakan bahwa chip buatannya tidak akan menjadi terobosan baru.

Chipset 'surged' atau 'surging' apapun namanya, diyakini menjadi prosesor smartphone mandiri yang akan menawarkan kinerja setara chipset buatan Qualcomm saat ini.

Kemungkinan lain, chipset buatan Xiaomi akan terintegrasi dengan chipset Snapdragon yang sudah ada ataupun chipset terbaru.

Sebagaimana diketahui, Xiaomi telah mengumumkan agenda besar pada 29 Maret. Perusahaan mengkonfirmasi akan bawa beberapa smartphone baru seperti Mi 11 Ultra, Mi 11 Lite, hingga Mi Mix.

Kita nantikan saja sampai peluncuran Xiaomi Mi Mix baru nanti, apakah benar akan ada pengumuman chipset baru buatan mereka sendiri? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini