Gadget
Rabu, 21 April 2021

Isi Daya Semalaman, Ponsel Remaja Ini Meledak dan Terbakar

Akibat peristiwa itu, Amie sekarang rutin mengingatkan orang lain tentang bahaya mengisi daya gadget semalam.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi smartphone meledak. (Shutterstock)
Ilustrasi smartphone meledak. (Shutterstock)

Hitekno.com - Gadget, terutama HP kini menjadi salah satu kebutuhan utama yang dibawa ke mana pun saat melakukan aktivitas apa pun, bahkan saat akan tidur. 

Kebanyakan dari kita mungkin sering membawa ponsel ke atas kasur bahkan mengisi daya baterainya dan meletakannya dekat bantal.

Beberapa orang menyadari bahwa kebiasaan itu sangat berbahaya. Tapi sebagian orang  tetap melakukannya, meski tahu risiko dan bahayanya.

Mengisi daya ponsel dekat bantal semalaman memang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kebakaran akibat percikan api dari charger itu sendiri.

Ilustrasi smartphone meledak. (Shutterstock)
Ilustrasi smartphone meledak. (Shutterstock)

 

Kondisi itu dialami seorang gadis remaja di Inggris yang mengalami luka bakar di wajah akibat men-charger ponselnya selama ia tidur. Ponselnya tiba-tiba saja meledak dan menimbulkan api di atas kasur.

Amie Hall, remaja 17 tahun itu kemudian terbangun setelah menyadari ada cahaya oranye terang pada selimut di sebelahnya pada dini hari.

Dia melompat dari tempat tidur saat nyala api dengan cepat menahan, tetapi mengalami luka bakar yang parah di pipinya saat dia mencoba keluar kamar pada pukul 2 pagi. 

Mantan perawat gigi Amie kemudian memanggil ibunya, yang mampu memadamkan kobaran api sebelum menyebar ke ruangan lain di rumah mereka di Kitts Green, Birmingham, Inggris.

Akibat peristiwa itu, Amie sekarang rutin mengingatkan orang lain tentang bahaya mengisi daya gadget semalam.

"Saya hanya ingin orang-orang waspada dan tetap aman karena ini bisa menjadi jauh lebih buruk. Itu sangat menakutkan dan saya benar-benar terkejut. Saya baru saja berbaring dan tertidur ketika menyadari warna oranye berkedip di sebelah saya," cerita Amie.

"Saya berlari keluar dari kamar dan berteriak kepada ibu saya. Untungnya dia berhasil memadamkan api tanpa perlu memanggil pemadam kebakaran," lanjutnya.

Luka bakar yang ia alami terasa sangat perih. Meski begitu, ia bersyukur tidak sampai mengenai bagian tubuh lainnya ketika api telah membakar selimutnya.

Amie kemudian membagikan luka bakarnya ke media sosial untuk mengingatkan banyak orang jangan mengisi daya ponsel semalaman.

"Perlu diketahui bahwa ini bisa terjadi pada siapa saja dan bisa jauh lebih buruk. Itu berbahaya. Tolong bagikan," tambahnya. (Suara.com/Lilis Varwati)

Terkait

Terkini