Gadget
Minggu, 18 April 2021

Akhirnya, Adobe Hadirkan Photoshop versi Apple Mac M1

Diklaim 1,5 kali lebih cepat dari versi sebelumnya.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)
Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)

Hitekno.com - Perlahan namun pasti, Adobe mulai memberikan dukungan pada Apple Mac M1. Paling baru, dipastikan akan hadirnya aplikasi Photoshop untuk macOS vers chip baru Apple tersebut.

Keputusan Apple untuk berpaling ke chip baru M1 dianggap sebagai keputusan besar. Yang berdampak pada pengembang software harus membuat ulang dari versi macOS x86 agar jalan native di M1.

Yang tentunya, aplikasi bakal berjalan lebih cepat dibanding versi sebelumnya setelah dioptimalisasi jalan pada Apple Mac M1.

Sebelumnya Photoshop memang sudah bisa dijalankan untuk Mac dengan chip M1. Namun perangkat memerlukan software emulator tambahan atau yang dikenal sebagai Rosetta 2.

Menurut GSM Arena, Minggu (14/3/2021), Photoshop versi baru ini disebut-sebut lebih cepat 1,5 kali dari sebelumnya.

Hal ini didasarkan dari pengujian beberapa tugas seperti membuka dan menyimpan file, menjalankan filter, hingga tugas berat seperti Content-Aware Fill atau Select Subject.

Meski begitu, Adobe masih belum mengembangkan Photoshop secara keseluruhan untuk perangkat baru itu. Mereka menyatakan terus bekerja sama dengan Apple untuk meningkatkan kinerja aplikasi ke depannya.

Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)
Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)

 

Saat ini, Adobe juga belum menyediakan beberapa fitur Photoshop seperti Edit Cloud Documents and Preset Syncing.

Belum lengkapnya fitur disebabkan karena Adobe memang sengaja merilis lebih cepat agar pengguna tak perlu menunggu lama.

Jika pengguna mau menggunakan Photoshop dengan versi lengkap, mereka bisa menjalankan aplikasi dengan emulator Rosetta. Adobe berjanji bakal segera memaksimalkan fitur aplikasi dalam waktu dekat.

Selain Photoshop, Adobe juga merilis fitur Super Resolution untuk aplikasi Adobe Camera Raw Plugin. Fitur ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan demi meningkatkan resolusi gambar.

Perusahaan juga menghadirkan Photoshop versi baru untuk perangkat iPad dengan fitur Cloud Documents Version History and kemampuan untuk mengolah CLoud Documents meski dalam keadaan offline.

Itulah kabar terkini dari Adobe yang mulai menghadirkan Photoshop versi khusus Apple Mac M1. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini