Gadget
Sabtu, 10 April 2021

Lebih Ringan, Aplikasi Instagram Lite Cuma Makan Memori 2 MB

Cocok untuk pengguna HP kentang.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi aplikasi Instagram. (Hitekno.com/Agung Pratnyawan).
Ilustrasi aplikasi Instagram. (Hitekno.com/Agung Pratnyawan).

Hitekno.com - Kabar gembira untuk kamu pengguna HP kentang namun ingin tetap menikmati layanan Instagram. Karena aplikasi Instagram Lite dilaporkan bakal kembali.

Setelah sempat dihadirkan, Instagram mencabut aplikasi mereka yang dihadirkan lebih ringan beberapa waktu lalu ini. Namun kabar terbaru, akan segera dikembalikan.

Menurut laporan terkini, Facebook resmi meluncurkan kembali Instagram Lite untuk 170 negara. Aplikasi ini ditujukan untuk HP kentang yang memiliki ukuran memori terbatas.

Mengutip Engadget, Kamis (11/3/2021), Instagram Lite dikembangkan oleh tim Facebook yang berbasis di Tel Aviv, Israel.

Pengguna bisa mengunduh aplikasi yang hanya memakan memori ponsel sebesar 2 MB saja.

Untuk mencapai ukuran itu, aplikasi Instagram Lite hanya fokus pada gambar, video, dan perpesanan di Direct Messages.

Aplikasi juga membuang kemampuan menjalankan di layar belakang yang memakan banyak memori smartphone.

Instagram Lite/techcrunch.com
Instagram Lite. (techcrunch)

 

Fitur yang disajikan dalam layanan Instagram Lite ini tak jauh beda dengan versi biasa.

Aplikasi Instagram Lite masih menampilkan feed atau beranda, stories, dan direct messages. Bedanya, versi Lite tidak menampilkan IG Live atau Shopping.

Engineering Manager Tim Gal Zellermayer mengatakan, filter live atau bergerak dan animasi bergerak juga tidak akan bekerja di Instagram Lite.

Ia mencontohkan fitur animasi kubus yang diperlihatkan ketika menggeser stories dari satu ke lain juga tidak dihadirkan.

Product Manager Tim Michelle Lourie menjelaskan bahwa ada sejumlah penyesuaian di user interface (UI) agar lebih sesuai dengan pengguna Instagram Lite. Contohnya adalah membuang ikon tong sampah sebagai tombol hapus dan menggantinya dengan ikon X.

Selain itu, Lourie mengatakan, aplikasi tetap menampilkan GIF dan stiker karena tidak terlalu memakan banyak memori sekaligus menyenangkan.

Mereka juga masih mengembangkan dark mode berdasarkan permintaan pengguna, jauh sebelum aplikasi resmi dirilis.

Ilustrasi Instagram di smartphone. [Shutterstock]
Ilustrasi Instagram di smartphone. [Shutterstock]

 

Sebagaimana diketahui, Instagram Lite akan jadi versi aplikasi mini setelah Facebook Lite dan Messenger Lite. Edisi baru ini telah diuji di beberapa wilayah, namun masih belum hadir di Indonesia.

HiTekno.com dan Suara.com mencoba melihat di laman Google Play Store untuk memastikan apakah sudah muncul. Namun, laman Google Play malah menampilkan aplikasi Lite for Facebook.

Itulah laporan terbaru dari aplikasi Instagram Lite yang akan kembali, tentunya jadi kabar menarik bagi para pengguna HP kentang. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini