Gadget
Senin, 12 April 2021

Cara Menggunakan Aplikasi MyHeritage, Bisa Hidupkan Foto Jadul?

Bagaimana bisa aplikasi MyHeritage ini menghidupkan foto jadul?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Aplikasi MyHeritage. (MyHeritage)
Aplikasi MyHeritage. (MyHeritage)

Hitekno.com - Aplikasi MyHeritage mendadak ramai digunakan, bahkan sampai viral di media sosial. Dengan perangkat lunak ini, diklaim bisa menghidupkan foto lama. Tapi bagaimana cara menggunakan aplikasi MyHeritage ini?

Siapa sangka, aplikasi ini menggunakan teknologi Deepfake untuk bisa seolah-olah menghidupkan foto jadul. Bahkan lukisan seperti Mona Lisa pun bisa dibuat seperti hidup.

Lukisan Mona Lisa, perempuan ciptaan pelukis kenamaan Leonardo da Vinci itu dipoles dengan aplikasi Deepfake MyHeritage sehingga terlihat seperti hidup.

Tak hanya Mona Lisa, aplikasi ini juga bekerja pada foto jadul lainnya menggunakan aplikasi populer ini..

Dilansir dari berbagai sumber, Deepfake MyHeritage adalah sebuah aplikasi yang memakai teknologi deepfake untuk menghidupkan wajah dalam foto kerabat yang sudah meninggal.

Walau begitu, cara kerja aplikasi MyHeritage sangat mudah. Aplikasi yang dapat diunduh di Play Store atau App Store ini bahkan diangkap menyeramkan dan bernuansa horor.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi MyHeritage untuk menghidupkan foto jadul.

  1. Membuat akun pada aplikasi tersebut, kemudian pada bagian menu klik Add Photos.
  2. Setelah memilih foto dengan tampilan wajah cukup jelas tekan tombol animation di sebelah kanan, otomatis wajah tampak hidup.
  3. Pengguna hanya tinggal menunggu proses dan mendownload video tersebut setelah ada tanda selesai.

 

Aplikasi MyHeritage. (MyHeritage)
Aplikasi MyHeritage. (MyHeritage)

 

Teknologi deepfake menjadi kontroversi baru di sejumlah negara di Eropa, salah satunya Inggris. Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan status ilegal dalam penggunaan aplikasi Deepfake MyHeritage yang dikhawatirkan memicu penipuan identitas.

Lagipula ada kemungkinan orang dapat membuat video deepfake tanpa izin baik bagi orang yang masih hidup atau sudah meninggal. Padahal tujuan awal para pengguna mempertimbangkan aplikasi MyHeritage dari segi nostalgia terhadap kerabat atau leluhur yang sudah meninggal.

Pendiri dan CEO MyHeritage, Gilad Japhet, bahkan mengakui aplikasinya memang ajaib sekaligus kontroversial. Orang-orang memang menyukai fitur nostalgia yang ajaib pada aplikasi Deepflake MyHeritage.

Menurut keterangan resmi perusahaan, aplikasi Myheritage bekerja sama dengan D-ID, perusahaan pemeragaan video menggunakan teknik AI, mengembangkan deep nostalgia.

Caranya video tersebut sebelumya direkam oleh karyawan di aplikasi MyHeritage. Kemudian perusahaan dapat menggerakkan wajah untuk setiap video yang diunggah.

Animasi dipilih berdasarkan orientasi wajah dalam gambar dan terdiri dari gerak tubuh manusia nyata, seperti tersenyum, berkedip, mengangguk, dan bergerak.

Hasilnya, pengguna dapat melihat gambaran realistis tentang bagaimana seseorang bisa bergerak dan terlihat jika terekam dalam video.

Untuk membuat foto dan video lebih optimal, aplikasi MyHeritage menggunakan penambahan foto mereka. Penambahan foto akan meningkatkan resolusi dan fokus pada wajah.

Deep Nostalgia juga berfungsi pada foto yang telah diwarnai atau warnanya dipulihkan dengan aplikasi MyHeritage In Color.

Seperti itulah penjelasan tentang aplikasi Deepfake MyHeritage dan cara buat foto jadul jadi hidup. Ingat, pakai aplikasi tersebut dengan bijak.

Itulah cara menggunakan aplikasi MyHeritage dalam menghidupkan foto jadul. Ingat gunakan perangkat lunak ini dengan bijak. (Kontributor Suara.com/ Nadia Lutfiana Mawarni)

Terkait

Terkini