Gadget
Jum'at, 23 April 2021

Saingi TikTok, YouTube Kenalkan Shorts

Bisakah Shorts jadi pesaing TikTok yang sedang populer?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Hitekno.com - Popularitas TikTok yang terus naik membuat platform media sosial meliriknya. Bahkan seperti YouTube telah menyiapkan layanan berbagi video pendek juga, yakni Shorts.

Lewat sebuah video promosi terbaru, YouTube mengenalkan Shorts. Fitur yang memudahkan dalam merekam video mudah yang didesain cukup mirip denga aplikasi TikTok.

Dalam video kita bisa melihat fitur ini tersedia di aplikasi YouTube. Pengguna bisa merekam dengan beberapa pengaturan, dan dioptimalkan untuk video vertikal.

Dalam fitur ini juga disediakan beragam musik yang disediakan beragam musik. Tentunya gratis untuk digunakan dalam membuat konten menggunakan Shorts dari YouTube ini.

Seperti diwartakan GSM Arena, untuk sementara Shorts ini masih dalam tahap beta untuk sejumlah pengguna. Meski sudah update aplikasi YouTube terbaru, mereka belum tentu bisa menggunakan fitur ini.

Ilustrasi YouTube. (unsplash/Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTube. (unsplash/Christian Wiediger)

 

Dengan kata lain, layanan berbagai video milik Google ini masih dalam proses uji coba pada fitur tersebut. Setelah sebelumnya mereka bekerja menggarapnya sekitar 12 bulan terakhir.

Belum diketahui kapan YouTube akan meluncurkan fitur ini secara global ke semua pengguna aplikasi mereka. Namun diduga tidak akan lama lagi, mengingat popularitas TikTok yang semakin tinggi.

Menariknya, dalam tahap beta saja Shorts sudah mendapatkan 3,5 miliar penayangan. Tidak mengherankan jika sekarang layanan video pendek bisa mendapatkan lebih banyak pangguna.

Sebagai perbandingan, TikTok bisa menjangkau 1 miliar pengguna aktif bulanan dan diprediksi akan lebih lagi. Bahkan disebut-sebut menjadi platform yang akan mencapai tongkak baru dalam waktu singkat.

Akankah YouTube akan menjegal TikTok dengan menghadirkan Shorts, fitur video pendek yang sedang populer. Kita nantikan saja sampai diluncurkan secara final mendatang.

Terkait

Terkini