Gadget
Sabtu, 06 Maret 2021

Samsung Galaxy Z Fold 3 Dukung S Pen, Kapan Rilis?

Tambah lagi perangkat Samsung yang mendukung S Pen.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Hitekno.com - Samsung menjadi vendor smartphone yang terus menelurkan HP layar lipat. Termasuk paling baru diduga tengah menyiapkan Samsung Galaxy Z Fold 3.

Menariknya, HP layar lipat baru ini nanti disebut-sebut akan mendukung perangkan stylus S Pen andalan Samsung.

Sebelumnya, dukungan S Pen hanya ada para seri Galaxy Note kemudian di bawa ke Samsung Galaxy S21 Ultra. Langkah ini tak berhenti, karena akan dihadirkan ke perangkat lain.

Bocoran dukungan stylus S Pen pada Samsung Galaxy Z Fold 3 ini sebenarnya sudah muncul beberapa minggu lalu.

Namun, Samsung baru saja menyelesaikan pengembangan fiturnya minggu ini, jauh sebelum perangkat HP layar lipat ini diproduksi massal.

Samsung Galaxy S21 Ultra. [Samsung Indonesia]
Samsung Galaxy S21 Ultra. [Samsung Indonesia]

 

Menurut laporan 9to5Google, Selasa (23/2/2021), dukungan S Pen ini termasuk sulit diterapkan pada ponsel lipat. Sebab, ponsel harus mendapat lapisan layar baru agar bisa kompatibel dengan S Pen, seperti layar OLED atau kaca ultra tipis.

Selain itu, seri Samsung Galaxy Z Fold sebelumnya juga memiliki daya tahan rentan. Dalam Galaxy Z Fold 2, layar ponsel dilaporkan mudah tergores dengan kuku penggunanya.

Saat ini, HP layar lipat yang memiliki dukungan pena pintar adalah Lenovo lewat ThinkPad X1 Fold. Namun perangkat tersebut dimaksudkan untuk PC, bukan ponsel.

ThinkPad X1 Fold juga tidak memiliki kaca ultra tipis seperti yang biasa digunakan Samsung. Belum ada informasi apakah model Lenovo ini juga diterapkan pada perangkat lipat Galaxy Z Fold 3.

Lebih lanjut, bocoran menyatakan, perusahaan bakal memulai produksi massal Samsung Galaxy Z Fold 3 sekitar Juli 2021. Kemungkinan HP layar lipat tersebut akan diluncurkan pada September tahun ini.

Kita nantikan saja peluncuran Samsung Galaxy Z Fold 3 dengan dukungan S Pen yang meluncur seperti bocoran di atas. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini