Gadget
Kamis, 04 Maret 2021

5 Aplikasi Berbasis Audio Selain Clubhouse, Boleh Dicoba!

Untuk pengguna Android, ini alternatif Clubhouse.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)
Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Aplikasi Clubhouse tengah ramai jadi perbincangan, terlebih setelah dipopulerkan SpaceX dan Tesla, Elon Musk. Namun layanan ini bukan satu-satunya aplikasi berbasis audio yang menarik untuk dicoba.

Mengingat aplikasi Clubhouse saat ini hanya bisa didapatkan pada pengguna iOS seperti iPhone saja. Padahal di luar sana ada beberapa aplikasi berbasis audio yang cukup menarik selain Clubhouse.

Clubhouse sendiri merupakan aplikasi berbasis audio yang dikembangkan oleh Paul Davison dan Rohan Seth yang diluncurkan pada tahun 2020 lalu.

Menarinya, pengguna yang menggunakan Clubhouse dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi dengan banyak orang dan berbagai topik yang dibuat.

Pengguna yang telah melakukan register, dapat memilih topik – topik yang diinginkan, maka Clubhouse akan langsung merekomendasikan ruangan percakapan sesuai topik yang dipilih.

Namun untuk saat ini, aplikasi Clubhouse terbatas dan terkesan ekslusif. Clubhouse membatasi penggunanya. Orang yang ingin menggunakan Clubhouse dapat bergabung dengan cara diundang. Orang yang sudah menjadi pengguna Clubhouse yang dapat mengundangnya.

Kini Clubhouse hanya tersedia di perangkat iOS. Hal tersebut bagi pengguna Android tidak dapat menggunakan aplikasi berbasis audio ini. Namun ada beberapa aplikasi yang berbasis suara seperti Clubhouse yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna Android.

Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)
Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)

 

Untuk lebih lengkapnya, simak daftar aplikasi berbasis audio berikut ini.

1. Discord

Aplikasi berbasis audio yang pertama adalah Discord. Aplikasi ini berawal dari para gamers yang menggunakannya untuk dapat saling terhubung saat bermain game. Pada tahun 2020, Discord terlah mencapai 140 juta pengguna. Discord dapat membuat channel yang terpisah dengan topik, pengguna juga dapat mengundang siapa saja ke channel tersebut untuk berkomunikasi baik itu menggunakan teks maupun audio.

2. Spoon

Spoon merupakan aplikasi yang berbasis audio untuk pertunjukkan langsung dan penonton dapat berpartisipasi. Spoon dapat berkomunikasi melalui 3 tipe audio antara lain talk, cast dan live. Pengguna dapat saling membagikan berbagai hal kepada pengguna lainnya. Aplikasi ini dirilis oleh MYKOON di Korea Selatan pada tahun 2013 silam.

3. Spaces

Spaces merupakan aplikasi berbasis audio seperti Clubhouse. Kini, aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan. Spaces merupakan aplikasi bagian dari Twitter yang diluncurkan pada Desember 2020 lalu. Spaces akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2021 ini.

4. Riffr

Riffr merupakan aplikasi media sosial yang berbentuk micro-podcast. Pengguna dapat membuat podcast dengan rekaman yang ringkas yang dapat diunggah di feed. Kini aplikasi telah tersedia di iOS maupun Android.

5. Wavve

Wavve merupakan aplikasi berbasis audio yang berawal dari dibuat untuk para musisi dan podcaster namun dapat digunakan oleh pengguna selain itu. Wavve juga dapat digunakan mengunggah musik menjadi video animasi.

Demikian daftar aplikasi berbasis audio selain Clubhouse yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna Android maupun pengguna iOS itu sendiri.  (Suara.com/ Muhammad Zuhdi Hidayat).

Terkait

Terkini