Gadget
Rabu, 03 Maret 2021

Twitter Kebut Pengembangan Aplikasi Pesaing Clubhouse, Apa Itu?

Twitter nampak gerah ingin segera menghadirkan pesaing Clubhouse.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/Mizter_X94)
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/Mizter_X94)

Hitekno.com - Popularitas aplikasi Clubhouse yang terus melonjak juga ikut membuat gerah pemilik platform media sosial. Termasuk Twitter yang bersiap untuk membuat pesaingnya.

Twitter pun dipercayai kini telah bekerja lebih cepat untuk mengembangkan dan meluncurkan pesaing aplikasi berbasis audio tersebut.

Yakni Spaces, layanan baru yang disiapkan media sosial berlogo burung biru ini untuk bisa bersaing dengan aplikasi Clubhouse.

Dikutip dari Social Media Today, Kamis (18/2/2021), selama seminggu terakhir Twitter telah melakukan pratinjau untuk menyempurnakan tampilan antarmuka Spaces.

Beberapa fitur baru yang mulai dikembangkan yakni tampilan baru dalam room untuk pembicara dan pendengar, hingga tanda khusus yang para pembicara dan host di aplikasi Spaces.

Menurut laporan, saat ini tampilan Guest di Spaces juga sudah diperbarui. Pengguna dapat melihat berapa banyak orang yang hadir dalam room, tetapi mereka tidak bisa melihat siapa saja yang berpartisipasi.

Seperti yang ditunjukkan dalam gambar, speakers dan hosts juga sudah memiliki opsi 'guest management'. Mereka bisa melihat siapa saja peserta yang hadir, speakers, requests, dan listeners.

Ilustrasi Twitter. (Pixabay/geralt)
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/geralt)

 

Sementara untuk listeners hanya bisa mengakses daftar speakers dan listeners dalam kolom tab tersebut.

Lalu ada juga tab request, di mana memudahkan hosts atau admin untuk mengelola room mereka. Hosts juga bisa menyetujui orang-orang yang masuk list requests untuk ikut berpartisipasi dalam ruang diskusi.

Laporan juga menyebut bahwa Twitter tengah mengerjakan bagaimana kriteria untuk speakers atau listeners apabila mereka mau bergabung dalam room.

Sejauh ini, beberapa kriteria yang disebutkan seperti pengguna yang baru join Spaces, listeners yang sudah di-follow hosts, atau listeners yang belum di-follow calon hosts.

Lebih lanjut, Twitter juga sedang mengembangkan bagaimana speakers maupun hosts di dalam Spaces ketika mereka tengah melakukan diskusi, baik itu dalam versi aplikasi utama Twitter maupun versi Spaces.

Dari tampilan screenshot, terlihat sebuah tampilan mirip stories yang ada di IG dengan bentuk cincin. Pengguna Spaces bisa mengetuk tanda tersebut yang nantinya membawa mereka masuk ke room Spaces.

Belum diketahui kapan Spaces Twitter benar-benar dirilis. Namun jika dilihat dari fiturnya, tampaknya Twitter jauh unggul dibanding Clubhouse.

Itulah kabar terbaru dari Twitter yang sedang ngebut untuk mengembangkan Spaces, layanan untuk menyaingi aplikasi Clubhouse yang sedang ramai. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini