Gadget
Sabtu, 06 Maret 2021

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop, Memori Dijamin Jadi Lebih Lega

Berikut cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa kamu praktekan dengan mudah.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Cara uninstall aplikasi di laptop. (Pixabay/ StockSnap)
Cara uninstall aplikasi di laptop. (Pixabay/ StockSnap)

Hitekno.com - Pengguna laptop tentu kerap kali direpotkan dengan perangkat yang lemot hingga sulit untuk dioperasikan. Biasanya, hal ini disebabkan oleh memori yang terlalu penuh. Kalau sudah begini, berikut cara uninstall aplikasi di laptop yang wajib untuk kamu coba.

Memori laptop yang penuh pada umumnya disebabkan oleh sejumlah hal. Terlalu banyak aplikasi yang diinstall atau data yang tersimpan bisa menjadi sumber memori laptop yang cepat penuh ini.

Berbeda dari HP, laptop memiliki banyak komponen yang cukup kompleks sehingga tidak jarang berbagai komponen ini justru berdampak pada konsumsi memori yang semakin hari semakin besar.

Komponen kompleks di laptop ini biasanya berasal dari berbagai aplikasi hingga file yang sehari-hari digunakan untuk keperluan penggunanya.

Karena punya banyak komponen, tidak banyak yang tahu mengenai cara uninstall aplikasi di laptop dengan mudah dan praktis. Agar tidak menjadi bingung, berikut cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa kamu praktekan dengan mudah.

1. Cara uninstall aplikasi di laptop melalui Start Menu

Ilustrasi laptop. (Pixabay)
Cara uninstall aplikasi di laptop. (Pixabay)

 

Cara uninstall aplikasi di laptop yang pertama adalah dengan melalui Start Menu. Setelah tampilan menu ini telah kamu dapat, silahkan memilih aplikasi yang diinginkan, lalu klik kanan dan memilih pilihan 'Uninstall'.

Cukup mudah dan praktis, aplikasi yang membuat memori laptop penuh ini akan otomatis menghilang dalam waktu sekejap.

2. Cara uninstall aplikasi di laptop melalui Control Panel

Ilustrasi laptop. (Pixabay/ Concord90 )
Cara uninstall aplikasi di laptop. (Pixabay/ Concord90 )

 

Cara kedua adalah dengan melalui Control Panel. Usai pilihan ini terbuka, kamu perlu untuk masuk ke pilihan 'Programs' dan masuk ke pilihan 'Uninstall a Program'.

Selanjutnya, kamu perlu untuk memilih aplikasi yang ingin dihapus. Jika sudah yakin untuk menghilangkannya, maka aplikasi tersebut akan otomatis menghilang dari laptop kamu.

3. Cara uninstall aplikasi di laptop melalui Settings

Ilustrasi laptop. (Pixabay/Rawpixel)
Cara uninstall aplikasi di laptop. (Pixabay/Rawpixel)

 

Selain dua cara di atas, kamu juga dapat melakukan uninstall aplikasi di laptop melalui menu Settings. Pada jendela Settings, kamu akan masuk ke 'Apps' yang langsung menampilkan berbagai aplikasi yang kamu punya.

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan uninstall aplikasi sesuai yang kamu inginkan. Pastikan untuk menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan sehari-hari ya.

Tidak membutuhkan waktu lama, itu tadi 3 cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Kalau setiap step sudah kamu lakukan, maka sudah tidak perlu khawatir mengenai masalah memori penuh ya.

Terkait

Terkini