Gadget
Minggu, 28 Februari 2021

Tanpa Aplikasi Tambahan, Ini Cara Mengubah Ukuran Ikon di HP Android

Mudah tanpa instal aplikasi tambahan.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi HP Android. (Android)
Ilustrasi HP Android. (Android)

Hitekno.com - Android punya kelebihan dalam melakukan kustomisasi yang lebih luas dan bebas. Terlebih hadirnya beragam aplikasi tambahan untuk membantu mempercantik tampilannya. Namun bagaimana cara mengubah ukuran ikon di HP Android namun tidak memakai aplikasi tambahan?

Tenang kamu bisa melakukannya. Jika ukurannya dapat diubah, opsi penyesuaian tersebut biasanya disembunyikan yang sulit ditemukan dalam pengaturan HP Android.

Beberapa pengguna Android mungkin menginginkan ukuran ikon yang lebih besar atau sebaliknya agar lebih pas dengan layar.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah ukuran ikon di HP  Android dengan bantuan peluncur pihak ketiga.

Bahkan ada cara mengubah ukuran ikon di HP Android yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Ilustrasi Android 11. (Android)
Ilustrasi Android 11. (Android)

 

Dilansir dari Android Authority pada Sabtu (6/2/2021), berikut ini cara mengubah ukuran ikon di HP Android:

1. Mengubah ukuran ikon di Android menggunakan peluncur pihak ketiga

Banyak peluncur atau launcher pihak ketiga yang memungkinkan pengguna mengubah ukuran ikon.

Tak hanya ikon, lewat aplikasi tersebut pengguna juga bisa mengatur tata letak kisi.

Beberapa peluncur yang direkomendasikan bagi pengguna yang ingin lebih menyesuaikan ikon dan antarmuka adalah Nova Launcher, Apex Launcher, GO Launcher, POCO Launcher, dan Microsoft Launcher.

Setiap peluncur dapat diunduh melalui Google Play Store secara gratis dan menawarkan tema serta pengaturan yang berbeda-beda sehingga pengguna harus mencobanya untuk menemukan tema atau penyesuaian ikon yang disukai.

Ilustrasi aplikasi Facebook. (Pixabay/ Thomas Ulrich)
Ilustrasi aplikasi Facebook. (Pixabay/ Thomas Ulrich)

 

2. Mengubah ukuran ikon pada perangkat Samsung

Khusus bagi pengguna Samsung model terbaru, perusahaan kini telah memiliki One UI sendiri yang sekarang tersedia hingga versi 3.1 pada seri Galaxy S21 dan 3.0 untuk sejumlah HP Samsung terbaru.

Keuntungan ini memungkinkan perangkat Samsung mengubah ukuran ikon tanpa bantuan peluncur pihak ketiga.

Jika pengguna ingin mengubahnya, cukup sentuh dan tahan ruang kosong di layar beranda. Lalu ketuk ikon pengaturan layar beranda.

Dari sana, pengguna akan melihat dua pilihan Home Screen Grid dan Apps Screen Grid.

Dengan memilih salah satu dari pilihan tersebut akan memunculkan sejumlah opsi untuk mengubah rasio aplikasi di layar utama dan aplikasi dalam HP.

Pilihan kisi layar beranda ditawarkan dengan ukuran 4 × 5, 4 × 6, 5 × 5, dan 5 × 6 sedangkan pilihan rasio kisi layar aplikasi adalah 4 × 4, 4 × 6, 5 × 5, dan 5 × 6.

Itulah cara mengubah ukuran ikon di HP Android dengan mduah tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Selamat mencoba! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini