Gadget
Senin, 08 Maret 2021

Cara Mengecilkan Ukuran Foto, Praktis dan Tidak Mengurangi Kualitas

Berikut cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah dan praktis.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Cara mengecilkan ukuran foto. (Pixabay/Stocksnap)
Cara mengecilkan ukuran foto. (Pixabay/Stocksnap)

Hitekno.com - Untuk beberapa keperluan, file foto dengan ukuran yang terlalu besar perlu dikecilkan untuk memenuhi kebutuhan kamu. Praktis dan tidak mengurangi kualitas file sama sekali, berikut cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah.

Biasanya, mengecilkan ukuran foto perlu dilakukan saat berada dalam keperluan. Salah satunya adalah sebagai lampiran untuk mengirim dokumen melalui email. Selain itu, hal ini bisa dilakukan untuk mengisi formulir lamaran pekerjaan secara online.

Pada beberapa kesempatan khususnya mengenai lamaran pekerjaan, pihak perusahaan biasanya meminta pelamar untuk mengunggah file dengan kapasitas yang ditentukan seperti 200 kb.

Pada umumnya, cara mengecilkan ukuran foto dapat dilakukan melalui PC atau HP. Tanpa mengurangi kualitas foto, berikut cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah dan praktis.

1. Adobe Photoshop

Ilustrasi fotografi. (Pixabay/StockSnap)
Cara mengecilkan ukuran foto. (Pixabay/StockSnap)

 

Untuk mengecilkan ukuran foto melalui Adobe Photoshop, kamu perlu membuat file foto tersebut lalu memilih menu 'File'. Kemudian, kamu perlu memilik 'Export' untuk menyimpan file foto tersebut dalam pilihan 'Save for Web'.

Pada proses ini, pengguna dapat memilih beberapa pilihan ukuran foto. Untuk mengecilkan ukuran foto, kamu hanya perlu memilih ukuran 1920 x 1282. Langkah berikutnya adalah menyimpan foto tersebut menjadi file baru.

2. Paint

Ilustrasi foto selfie. (unsplash/Andrik Langfield)
Cara mengecilkan ukuran foto. (unsplash/Andrik Langfield)

 

Bisa dengan mudah untuk dilakukan, cara mengecilkan ukuran foto berikutnya adalah melalui aplikasi 'Paint' di PC. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka file tersebut, kemudian pilih 'Resize', langkah berikutnya adalah mengatur dimensi sesuai keinginan. Jika sudah, jangan lupa untuk menyimpan file tersebut ya.

3. Photo & Picture Resizer

Ilustrasi foto selfie. (unsplash/@elijahsad)
Cara mengecilkan ukuran foto. (unsplash/@elijahsad)

 

Jika dua cara di atas dapat digunakan melalui PC, Photo & Picture Resizer ini dapat dilakukan di HP. Kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store.

Cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan membuka file foto, selanjutnya memilih dimensi yang ada sesuai keinginanmu. Langkah terakhir adalah dengan menyimpan file foto tersebut.

4. iLoveIMG

Ilustrasi Selfie. (Unsplash/Jeremy Bishop)
Cara mengecilkan ukuran foto. (Unsplash/Jeremy Bishop)

 

Cara mengecilkan ukuran foto berikut ini bisa melalui situs iloveimg.com. Nantinya, pengguna dapat menemukan berbagai pilihan, salah satunya adalah 'Resize Picture' untuk mengecilkan ukuran foto.

Untuk menggunakan situs ini, kamu hanya perlu masuk ke website tersebut lalu mengunggah foto yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Selanjutnya, memilih dimensi dan menyimpan file foto tersebut.

Cukup mudah dan praktis tanpa mengurangi kualitas foto sama sekali, itu tadi cara mengecilkan ukuran foto sesuai kebutuhan dan keinginanmu.

Terkait

Terkini