Gadget
Selasa, 02 Maret 2021

Kembangkan Teknologi Baru, Deretan Fitur Ini Dihapus dari HP Samsung

Samsung telah menghapus sejumlah fitur dan menggantikannya dengan teknologi baru.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Samsung. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi Samsung. (pixabay/StockSnap)

Hitekno.com - Terus kembangkan teknologi baru untuk produk ponselnya, Samsung menawarkan banyak fitur dan keunggulan canggih. 

Sayangnya, beberapa teknologi baru ini sejalan dengan penghapusan teknologi lama yang ada dalam seri Samsung Galaxy.

Beberapa tahun terakhir, Samsung telah menghapus sejumlah fitur dan menggantikannya dengan teknologi baru.

Apa saja teknologi yang dihapus Samsung? Berikut rinciannya, dikutip dari Sammobile, Senin (25/1/2021).

1. Memori penyimpanan di Earbuds Nirkabel

Earbuds nirkabel Samsung sebelumnya memiliki penyimpanan on-board, memungkinkan kamu memutar file audio tanpa harus terhubung ke smartphone melalui Bluetooth. Fitur ini belum muncul kembali di model earbuds selanjutnya.

Galaxy Buds Live. [Samsung Indonesia]
Galaxy Buds Live. [Samsung Indonesia]

2. Pendeteksi denyut jantung dan sensor SP02

Samsung Galaxy S5 adalah model pertama yang membanggakan monitor denyut jantung dan sensor Sp02. Kini kedua fitur telah dihapus pada Galaxy S10e hingga smartphone flagship saat ini.

3. Iris Scanner

Galaxy Note 7 menjadi model pertama yang menggunakan pemindai iris sebagai metode otentikasi biometrik. Teknologi ini kemudian digunakan Galaxy S dan Note berikutnya dan berakhir di Galaxy Note 9.

4. Port Infrared

Komponen hardware ini sempat menjadi andalan dalam model Galaxy. Namun fitur infrared harus berakhir di seri Galaxy S6.

5. Port Audio 3.5mm

Port ini sempat ada di seri Galaxy sebelum menghilang di model Galaxy Note 10. Port audio ini kemudian digantikan USB-C dan konektivitas nirkabel.

6. Notifikasi LED

Fitur ini mungkin tidak sepenting fitur lain yang dihapus selama bertahun-tahun. Notifikasi LED akhirnya digantikan oleh Edge Lighting di seri Galaxy S10.

7. Tampilan Melengkung (Edge Display)

Seri Galaxy sempat memiliki ciri khas, yakni memiliki tampilan pinggir yang melengkung. Perlahan-lahan, Samsung telah menghapus dan membuat Edge Display memiliki kelengkungan yang kurang jelas.

8. Premium Glass untuk panel belakang ponsel

Digantinya pelapis Gorilla Glass dengan panel belakang plastik (biasa disebut Samsung Glasstic) dimulai dengan seri Galaxy Note 20 dan dilanjutkan di Galaxy S21.

9. Slot tambahan MicroSD

Samsung flagship 2015 yang terdiri dari Galaxy S6, S6 Edge, S6 Edge Plus, dan Note 5 telah kehilangan slot MicroSD. Samsung kemudian melanjutkan dihapusnya slot tambahan tersebut pada Galaxy S21.

10. Samsung Pay Rewards and Tiers

Fitur ini dimaksudkan sebagai insentif agar pengguna mau bergabung dengan Samsung Pay. Namun, Rewards and Tiers ini telah dihapus dari platform pembayaran seluler pada Desember 2020.

11. MST

MST merupakan metode pembayaran seluler di perangkat Samsung Galaxy. Namun kini perusahaan telah meninggalkan MST di beberapa pasar seperti Amerika Serikat dan India.

Samsung Pay (Samsung)
Samsung Pay (Samsung)

12. Adapter Pengisi Daya dan Earbud Kabel

Sebagaimana diketahui kedua perangkat ini tidak dimasukkan ke dalam kotak Galaxy S21 dengan alasan menghemat sampah elektronik dan membantu lingkungan.

Itulah tadi deretan fitur yang akan dihapus dari HP Samsung karena banyak teknologi baru yang dikembangkan. (Suara.com/Dicky Prastya)

Terkait

Terkini