alexametrics
Gadget
Kamis, 06 Mei 2021

Makin Banyak HP Baru Dijual Tanpa Charger, Bikin David GadgetIn Ngegas!

"Lucu, ganti HP tiap tahun, alasan ekonomi tapi bawa-bawa lingkungan," sindir David GadgetIn.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Youtuber David GadgetIn. (Instagram/ gadgetins)
Youtuber David GadgetIn. (Instagram/ gadgetins)

Hitekno.com - Semenjak Apple mulai memasarkan iPhone 12 tanpa kepala charger, membuat merek lain mengikuti langkahnya. Namun alasan kebijakan ini ditak memicu emosi David GadgetIn.

Seperti diwartakan sebelumnya, Apple dan beberapa brand lain memasarkan perangkat mereka tanpa kepala charger karena alasan lingkungan. Mereka tidak mau makin mencemari alam.

Namun Youtuber gadget ternama asal Indonesia ini punya alasan ketidaksukaan akan kebijakan tersebut. Karena dianggap menaruh beban peduli lingkungan kepada konsumen.

Dalam video unboxing Samsung Galaxy S21 Ultra yang diunggahnya di YouTube, David GadgetIn mencurahkan pendapatnya kalau pemasaran tanpa kepala charger yang ada saat ini malah merugikan konsumen.

Pria bernama asli David Brendi ini menyampaikan peduli lingkungan sangatlah penting, dan alangkah baiknya tidak mencemari alam. Apapun langkah untuk mengurangi sampah bagus menurutnya.

Namun hal yang mengganjal dirinya kenapa alasannya demi lingkungan, namun belum tentu benar pada praktiknya. Karena konsumen tetap akan membeli charger baru untuk smartphonenya.

Tidak cukup itu, perkembangan teknologi pengisian baterai juga terus berkembang. Hal ini juga menyebabkan ketika pindah merek harus membeli kepala charger lain.

Youtuber David GadgetIn. (Instagram/ gadgetins)
Youtuber David GadgetIn. (Instagram/ gadgetins)

 

Samsung Galaxy S21 dijual tanpa charger menurut David Brendi masih mending dibandingkan Apple. Karena iPhone 12 masih memakai port lightning bukan USB type-C seperti kebanyakan merek lain.

Youtuber ternama ini juga mengkritisi kebijakan para brand ini malah dinilainya membebani konsumen. Terlebih perangkat yang dipasarkan tanpa charger saat ini untuk konsumen premium.

"Harusnya pembeli produk premium harusnya mendapatkan service lebih, dikasih bonus-bonus, seperti nasabah prioritas di bank," kata David dalam video.

"Kalau mau brand-brand memang mau lebih ramah lingkungan, ya tolonglah konsumen jangan dibebanin, bebannya bisa dibagi rata." lanjutnya.

"Sebagus-bagusnya nggak pakai charger masih bagus kalau nggak beli HP baru sekalian, kalau berbicara soal lingkungan, tapi kayaknya nggak bakal mau kita [konsumen] setia pada HP sampai lima tahun kedepan, mereka pengen kita ganti HP tiap tahun." sindir David GadgetIn.

"Lucu, ganti HP tiap tahun, alasan ekonomi tapi bawa-bawa lingkungan," tegasnya.

Youtuber ini juga memberikan saran kepada brand untuk membagi rata beban jaga lingkunan antara produsen dan konsumen. Bukan cuma menguntungkan satu sisi mengorbankan pihak lain.

David GadgetIn menegaskan dirinya suka HP tanpa charger, namun caranya dengan bawa-bawa lingkungan dengan membebankan kepada konsumen menjadi ganjalan baginya.

Terkait

Terkini