Gadget
Sabtu, 27 Februari 2021

Samsung Siapkan Stylus S Pen Pro, Apa Bedanya dibanding S Pen?

Apakah dihadirkan untuk Samsung Galaxy S21 Ultra?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Samsung Galaxy S21 Ultra hadir sebagai smartphone seri S pertama yang menawarkan dukung menggunakan stylus. Selama ini seri Note yang ditunjang dengan S Pen sebagai aksesori bawaannya.

Menariknya, Samsung dikabarkan menyiapkan Stylus S Pen Pro yang akan dihadirkan untuk mendukung Samsung Galaxy S21 Ultra. Lalu apa bedanya dengan S Pen biasa pada Galaxy Note?

Mengutip NDTV, Senin (18/1/2021), model S Pen Pro lebih besar dibanding S Pen yang biasa yang dikhususkan untuk Samsung Galaxy S21 Ultra.

Model stylus ini seperti ukuran pensil yang lebih besar dan membuat nyaman ketika dipegang.

Model S Pen biasa di Galaxy S21 Ultra dapat melakukan berbagai fungsi seperti menggambar, menulis catatan, edit foto, tanda tangan, dan berbagai kegiatan lainnya.

Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen. (Samsung Indonesia)

 

Namun, S Pen tersebut tidak mendukung fitur Bluetooth. Nantinya, fitur ini akan dimasukkan ke dalam S Pen Pro. Artinya, perangkat ini juga dapat digunakan sebagai camera shutter ataupun mengendalikan pemutaran musik.

Selain itu, S Pen Pro dikatakan tidak hanya mendukung perangkat Galaxy S21 Ultra, melainkan pada perangkat yang berbasis tampilan One UI 3.1.

Itu berarti, S Pen Pro juga akan bekerja pada model Galaxy Note ataupun Galaxy Tab lain, seperti Galaxy 10 series, Galaxy Note 20 series, Galaxy Tab S6, dan Galaxy Tab S7.

Rincian spesifikasi S Pen Pro seperti ukuran atau harga masih belum dipaparkan Samsung. Namun, apabila perangkat memiliki ukuran lebih besar dibanding S Pen biasa, maka pen tersebut tidak akan bisa dimasukkan ke dalam case khusus Galaxy S21 Ultra.

S Pen normal dijual seharga 40 dolar AS atau setara Rp 563 ribu sebagai aksesoris terpisah. Sementara case khusus Samsung Galaxy S21 Ultra yang menyimpan S Pen dijual 90 dolar AS atau setara Rp 1,2 jutaan.

Galaxy Note 10 Lite dengan S Pen. (Samsung)
Galaxy Note 10 Lite dengan S Pen. (Samsung)

 

Harga S Pen Pro diprediksi akan melebihi harga S Pen model biasa. Perusahaan juga mengkonfirmasi bahwa S Pen Pro akan dirilis pada tahun ini.

Itulah kabar terbaru disiapkan S Pen Pro yang dilaporkan untuk Samsung Galaxy S21 Ultra. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini