Gadget
Kamis, 04 Maret 2021

Sebelum Ganti Aplikasi Chat, Ini Perbedaan WhatsApp dan Signal

Perbedaan WhatsApp dan Signal yang bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum beralih aplikasi pesan singkat.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi chatting. (pixabay/Lobo Studio Hamburg)
Ilustrasi chatting. (pixabay/Lobo Studio Hamburg)

Hitekno.com - Masalah keamanan aplikasi pesan singkat WhatsApp menjadi perbincangan belum lama ini. Seiring masalah ini, muncul aplikasi pesan singkat lainnya yang disarankan oleh Elon Musk yaitu Signal.

Disebut-sebut dapat diandalkan sebagai pengganti WhatsApp, kedua aplikasi pesan singkat ini rupanya memiliki beberapa perbedaan mencolok yang wajib kamu pertimbangkan sebelum beralih.

Sebelumnya, ancaman pengguna untuk meninggalkan WhatsApp ini bermula dari aturan baru WhatsApp yang mewajibkan pengguna untuk membagikan data ke Facebook.

Melansir dari Business Insider, berikut perbedaan WhatsApp dan Signal yang bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum beralih aplikasi pesan singkat.

1. Keamanan

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

 

Soal keamanan, WhatsApp dan Signal sama-sama memiliki enkripsi end to end (E2E) yang memungkinkan pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim. Keduanya sama-sama menggunakan Protokol Sinyal sumber terbuka yang dijamin aman.

Namun, segi keamanan Signal dirasa lebih baik karena didesain menggunakan Sealed Sender untuk melindungi pengirim pesan. Selain itu, Signal telah memblokir tangkapan layar dan aplikasi.

Selain itu, WhatsApp dipercaya tidak memiliki group chat security. Sedangkan Signal memiliki group chat security yang lebih aman.

2. Fitur

Aplikasi Signal. (PlayStore)
Aplikasi Signal. (PlayStore)

 

Mengenai fitur, dibandingkan dengan WhatsApp, Signal justru masih belum punya banyak fitur menarik. Namun, aplikasi pesan singkat ini dapat diandalkan untuk melakukan panggilan, mengirim media, hingga melakukan video call layaknya WhatsApp.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Signal adalah kemampuan untuk menghilangkan pesan dan gambar usai dikirimkan. Fitur ini hampir sama dengan Telegram. Menjaga privasi, Signal juga memiliki opsi built-in untuk menyembunyikan alamat IP pengguna.

Melihat dua perbedaan WhatsApp dan Signal di atas, jelas dua aplikasi ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Menimbang dua hal di atas, tertarik berganti aplikasi ke Signal atau akan terus menggunakan WhatsApp?

Terkait

Terkini