Kamis, 28 Januari 2021

Google Akan Tambah Teknologi Pelacakan Kontak Pakai Smartwatch

Pengguna Smartwatch memungkinkan melakukan pelacakan kontak virus Corona Covid-19.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi smartwatch. (Pixabay)
Ilustrasi smartwatch. (Pixabay)

Hitekno.com - Google tengah memperbarui layanan Play yang memungkinkan fitur dukungan Wearable Exposure Notification ditambahkan ke aplikasi. 

Hal ini memungkinkan pengguna Smartwatch melakukan pelacakan kontak virus Corona Covid-19.

Bluetooth Special Interest Group (SIG) telah mulai mengerjakan spesifikasi Bluetooth Low Energy (BLE) baru yang memungkinkan pelacakan kontak pada perangkat yang dapat dikenakan (wearable) pada Agustus lalu.

Pembaruan yang ditemukan di Layanan Google Play v20.50.14 menjelaskan cara kerja Wearable Exposure Notification mendatang.

Ilustrasi smartwatch. (Pixabay)
Ilustrasi smartwatch. (Pixabay)

 

Setelah pengguna menyandingkan perangkat wearable yang kompatibel ke ponsel, akan muncul kotak dialog yang menyatakan bahwa ponsel pengguna akan menggunakan perangkat yang terhubung untuk mengumpulkan dan membagikan ID acak secara aman dengan perangkat lain di sekitar pengguna.

Dilansir dari Android Central pada Sabtu (9/1/2021), pengguna akan diberi tahu jika pengguna pernah berada di dekat seseorang yang dilaporkan terkena Covid-19.

Selain itu, aplikasi juga akan menampilkan tanggal, durasi, dan kekuatan sinyal yang terkait dengan paparan.

Pasalnya Google telah mulai bekerja untuk menambahkan dukungan Wearable Exposure Notification ke Layanan Play.

Kemungkinan Google akan membagikan lebih banyak tentang hal itu setelah spesifikasi baru diselesaikan oleh Bluetooth Special Interest Group (SIG). (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini