Minggu, 17 Januari 2021

Diklaim Pertama di Dunia, Samsung Galaxy Chromebook 2 Gunakan Layar QLED

Samsung Galaxy Chromebook 2 membawa desain berkelas dengan bobot ringan.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Samsung Galaxy Chromebook 2. (Samsung Global)
Samsung Galaxy Chromebook 2. (Samsung Global)

Hitekno.com - Beberapa waktu lalu kita telah melihat teaser mengenai Samsung yang akan memamerkan teknologi layar terbaru melalui CES 2021. Menjelang acara pameran teknologi akbar, perusahaan justru mengenalkan Samsung Galaxy Chromebook 2.

Menurut klaim dari Samsung, perangkat tersebut merupakan Chromebook pertama di dunia yang menggunakan layar QLED.

Ini adalah anggota terbaru yang muncul pada awal 2021 dari keluarga Galaxy Computing.

Dilihat melalui situs resmi perusahaan, QLED adalah singkatan dari Quantum Dot Light Emitting Diode. Biasanya, teknologi ini diaplikasikan pada jajaran TV QLED dari produk premium Samsung.

Layar QLED pada TV premium Samsung diklaim dapat mencapai kecerahan dan warna tertinggi antara 1.500 hingga 2.000 nit. Kini teknologi tersebut akan diaplikasikan pada Chromebook.

Samsung Galaxy Chromebook 2. (Samsung Global)
Samsung Galaxy Chromebook 2. (Samsung Global)

 

Meski begitu, Samsung belum menjelaskan mengenai tingkat kecerahan yang bakal diadopsi pada Chromebook 2.

Samsung Galaxy Chromebook 2 membawa layar QLED 13,3 inci beresolusi Full HD (1920 x 1080) yang mendukung fitur touchscreen.

Laptop anyar ini cukup ringan mengingat dimensinya 304.9 x 203.2 x 13.9 mm, dengan berat hanya 1,23 kilogram. Terdapat dua varian yaitu perangkat dengan prosesor Core i3-10110U dan model lain dengan Intel Celeron 5205U.

Samsung Galaxy Chromebook 2.(Samsung Global)
Samsung Galaxy Chromebook 2.(Samsung Global)

 

Terkait memori, laptop ini dibekali RAM 4 GB atau RAM 8 GB (LPDDR3) yang dipasangkan dengan penyimpanan internal 64 GB hingga 128 GB.

Dikutip dari situs resmi Samsung Global, beberapa fitur yang tersedia termasuk kamera depan HD 1 MP, speaker stereo, keyboard backlit, WiFi 6, baterai 45.5 Wh, dua port USB-C, USI (Universal Stylus Initiative) Pen, dan slot MicroSD.

Laptop ini didesain sangat portabel dan bisa dilipat untuk dijadikan tablet.

Samsung Galaxy Chromebook 2 bisa dilipat untuk menjadi tablet. (Samsung Global)
Samsung Galaxy Chromebook 2 bisa dilipat untuk menjadi tablet. (Samsung Global)

 

Seperti namanya, Samsung Galaxy Chromebook 2 berjalan di Chrome OS buatan Google, yang membuatnya mudah untuk menikmati multi-tasking serta dukungan penuh aplikasi seperti Google Drive terintegrasi, Google Play Store, hingga Google Meet.

Sayangnya, perusahaan belum memberi tahu mengenai banderol harga pada perangkat tersebut. Samsung Galaxy Chromebook 2 tersedia dalam dua warna yaitu Mercury Gray dan Fiesta Red.

 

Terkait

Terkini