Selasa, 19 Januari 2021

Klaim Huawei, HarmonyOS Tersedia untuk 100 Juta Perangkat dari 40 Merek

Tak hanya perangkat Huawei, merek lain juga akan menggunakan HarmonyOS juga?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Huawei telah memastikan untuk mengembangkan sistem operasi mereka sendiri, yakni HarmonyOS yang akan dipasangkan ke berbagai perangkat.

Tidak hanya untuk smartphone, perusahaan teknologi asal China ini merancangnya untuk bisa dipasang ke berbagai jenis perangkat cerdas.

Huawei sendiri baru saja mengumumkan sistem operasi original HarmonyOS 2.0 pada 16 Desember lalu. OS ini merupakan respons atas kebijakan pemblokiran dari Google dan Android untuk Huawei.

Yang Haisong selaku Vice President Consumer Business Software Department Huawei mengatakan, sejak dirilis beberapa waktu lalu, banyak pengembang yang tertarik dan telah bergabung dengan ekosistem HarmonyOS.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan lebih banyak pengembang dan mitra untuk HarmonyOS 2.0," jelas Haisong, dikutip dari Gizmochina, Kamis (31/12/2020).

Ilustrasi HarmonyOS. (Gizmochina)
Ilustrasi HarmonyOS. (Gizmochina)

 

Lebih lanjut, Haisong mengharapkan HarmonyOS 2.0 ini akan tersedia untuk 100 juta perangkat di dunia dan menjangkau lebih dari 40 merek yang bermitra dengan Huawei pada 2021.

Pada awal peluncuran, HarmonyOS 2.0 telah menjangkau lebih dari 1800 grup pengembang. Beberapa grup besar seperti WPS, Bilibili, Ctrip, dan iFLYTEK turut bergabung dalam pengembangan sistem operasi tersebut.

Sebagai informasi, HarmonyOS adalah sistem operasi yang dikembangkan langsung oleh Huawei. Sistem ini diklaim sebagai pendukung integrasi lintas platform dari smartphone hingga produk rumah pintar lainnya (IoT).

Itulah klaim Huawei yang menyebut kalau HarmonyOS akan digunakan ratusan juta perangkat dari berbagai merek nantinya. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini