Selasa, 26 Januari 2021

Hentikan Layanan untuk HP Lawas, Ini Penjelasan WhatsApp

Beberapa HP lawas dikabarkan tak bisa mendapatkan dukungan WhatsApp tahun depan.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)

Hitekno.com - Belum lama ini dikabarkan WhatsApp akan menghentikan layanannya untuk HP jadul dengan sistem operasional iOS 9 atau OS Android 4.0.3, pada Januari 2021.

Nyatanya, kabar terbaru menyebutkan bahwa kebijakan tersebut keliru dan WhatsApp akan berfungsi seperti biasanya.

"WhatsApp tidak menghentikan dukungan untuk iPhone lama. Ini berita palsu," kata akun Twitter @WABetaInfo, dikutip dari IndiaToday, Rabu (30/12/2020).

Hal ini juga diperkuat dengan pendapat dari pihak WhatsApp. Menurutnya, kebijakan tersebut memang sudah diumumkan sejak Desember 2019.

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]

Saat itu, WhatsApp memang mengumumkan kebijakan penghentian dukungan untuk perangkat dengan iOS 9 dan Android 4.0.3. Artinya, ponsel yang menggunakan sistem operasi ini memang sudah tidak bisa menggunakan layanan WhatsApp.

"Mereka hanya berbicara tentang perubahan kebijakan WhatsApp yang diumumkan pada Desember 2019 dan entah bagaimana menghubungkannya ke 1 Januari 2021," jelas pihak WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp juga belum mengumumkan kebijakan terbaru mengenai dukungan layanan hingga saat ini. Dengan kata lain, tidak ada yang berubah saat Januari 2021.

Jika pengguna memiliki perangkat dengan iOS 9 atau OS Android 4.0.3 di bawahnya, maka ponsel memang sudah tidak mendukung sejak awal 2020.

Sebaliknya, jika mereka memiliki ponsel dengan iOS 9 atau OS Android 4.0.3 di atasnya dan masih mendukung, maka itu akan terus berlaku hingga Januari 2021.

Sebaliknya, apabila memiliki HP dengan iOS 9 atau OS Android 4.0.3 di atasnya dan masih mendukung, maka masih terus berlaku hingga Januari 2021.(Suara.com/Dicky Prastya)

Terkait

Terkini