Kamis, 28 Januari 2021

Mirip TikTok, Rusia Bikin Aplikasi Video Pendek Sendiri

Aplikasi ini akan segera diluncurkan dalam dua tahun dan mendukung layanan berbagi video vertikal pendek layaknya TikTok.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)

Hitekno.com - Gazprom Media, salah satu perusahaan media terkemuka Rusia yang juga dikendalikan oleh raksasa berbasis energi yang akan meluncurkan aplikasi mirip TikTok

Alexander Zharov selaku CEO Gazprom-Media mengatakan, perusahaan telah membeli layanan tersebut dengan nama Ya Molodets (Saya Hebat).

Zharov mengatakan, aplikasi tersebut saat ini tengah dikembangkan dengan yayasan Innopraktika. Yayasan tersebut dijalankan oleh salah satu anak perempuan Presiden Vladimir Putin, Katerina Tikhonova.

"Gazprom-Media akan menggunakan perangkat lunak proyek untuk mempercepat pembuatan aplikasi video baru untuk para blogger Rusia," jelas Zharov, dikutip dari NDTV, Minggu (27/12/2020).

Ilustrasi Rusia. (Photo by   on Unsplash)
Ilustrasi Rusia. (Photo by on Unsplash)

Ia melanjutkan, aplikasi ini akan segera diluncurkan dalam dua tahun dan mendukung layanan berbagi video vertikal pendek layaknya TikTok.

Gazprom-Media sendiri merupakan salah satu organisasi media terbesar di Rusia. Mereka memiliki beberapa saluran televisi dan berbagai stasiun radio.

Awal bulan ini, Zharov juga mengumumkan bahwa Gazprom-Media akan meluncurkan dua situs yang mirip dengan YouTube dalam dua tahun ke depan.

Salah satu aplikasi yang diluncurkan adalah versi pembaruan dari layanan streaming Rutube, sebuah platform yang ditujukan dalam bentuk penutur bahasa Rusia pada 2008 lalu.

Perusahaan telah bekerja selama setahun untuk memodernisasikan sekaligus menyaingi aplikasi YouTube.(Suara.com/Dicky Prastya)

Terkait

Terkini