Senin, 18 Januari 2021

8 Cara Bikin Laptop Lemot Jadi Ngebut, Makin Nyaman untuk Work From Home

Jangan buru-buru beli baru, laptop lemot jadi ngebut.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Laptop murah mulai dari Rp 4 jutaan. (HiTekno.com)
Laptop murah mulai dari Rp 4 jutaan. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Apakah kamu mengalami maslah lemot saat kerja dari rumah atau work from home? Tak perlu buru-buru ganti baru, kamu masih bisa mengakalainya lebih dulu agar jalan lancar.

Ada beberapa cara yang bisa membuat laptop lemot kamu bisa berjalan lebih lancar. Yakni dengan melakukan optimalisasi perangkat agar bisa ngebut.

Persoalaan lemot memang sering terjadi, apalagi jika laptop atau kita ini sudah berumur. Pasti menyebalkan buka laptop harus loading lama dulu. Terlebih saat work from home.

Dari startup masuk ke sistem operasi lama, buka file lama, program jalan tersendat, dan masih banyak masalah laptop lemot lainnya.

Beli laptop baru memang langsung mengatasi masalah kelemotan ini. Namun sebelum buru-buru beli baru, kenapa tidak upayakan laptop lemot kamu jadi kencang lagi?

Kamu bisa membuat laptop lama kamu yang terasa lemot dan menghambat aktivitas kembali kencang seperti laptop baru lagi.

Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, dengan sedikit upaya dan usaha untuk memperbaiki laptop kamu. Tapi tenang, tidak susah melakukannya.

Berikut ini, tim HiTekno.com kumpulkan 8 cara membuat performa laptop lemot kamu jadi kencang.

1. Matikan Animasi Visual

Matikan efek animasi visual di sistem operasi. (HiTekno.com)
Matikan efek animasi visual di sistem operasi. (HiTekno.com)

 

Animasi pada sistem operasi memang membuatnya lebih menarik dan tidak membosankan. Namun efek visual yang diberikan animasi ini membuat laptop lebih berat.

Coba matikan efek animasi visual yang ada di sistem operasi kamu. Selain membuat beban laptop jadi makin ringan, juga mempercepatnya juga.

2. Nyalakan Mode High Performance

Ubah mode high performance pada laptop lemot. (HiTekno.com)
Ubah mode high performance pada laptop lemot. (HiTekno.com)

 

Windows untuk laptop memiliki pengaturan untuk High Performance, Balance, maupun hemat data. Cara mudah membuat ngebut dengan memindahkan ke mode kinerja tinggi.

Kamu bisa mengaksesnya lewat pengaturan di baterai, atau lewat Control Panel\Hardware and Sound\Power Options dan ubah modenya.

Sebagai kompensasi, mengaktifkan mode High Performance akan membuat lebih boros baterai dan suhu laptop jadi lebih panas.

3. Instal Ulang Sistem Operasi

Microsoft Windows 10. (Amazon)
Microsoft Windows 10. (Amazon)

 

Sistem operasi seperti windows yang sudah lama terpasang makin hari akan makin banyak menumpuk temporary dan memberatkan. Tak jarang juga makin lemot dan makin berat seiring berjalannya waktu.

Dengan melakukan instal ulang, akan otomatis membersihkan file-file yang memberatkan di Windows. Juga membuat laptop kamu terasa fresh seperti baru dari sistem operasi.

4. Upgrade ke SSD

SSD WD Blue. (Western Digital)
SSD WD Blue. (Western Digital)

 

Upgrade hard disk mekanikal kamu ke SSD akan membuat lompatan performa laptop lemot kamu. Karena SSD jauh lebih cepat dibanding hard disk mekanikal.

Harga SSD memang tak murah, namun performa yang kamu dapatkan sepadan kok. Selain membuat file dan folder jadi lebih cepat terbuka, aplikasi juga berjalan lebih cepat.

5. Jaga suhu laptop

Ide gila netizen hadapi cuaca panas 2. (Facebook/ Viral Malaysia)
Ide gila netizen hadapi cuaca panas 2. (Facebook/ Viral Malaysia)

 

Pada dasarnya chip seperti prosesor akan menurunkan frekuensi kerjanya ketika mencapai suhu panas tinggi. Yang akhibatnya laptop jadi lemot.

Solusinya, kamu bisa bekerja di tempat yang cenderung lebih sejuk atau malah dingin. Ada pula solusi dengan menambahkan pendingin seperti laptop coller.

6. Bersihkan dari Virus, Malware, dan Spyware

Ilustrasi laptop kena virus. (Pixabay/geralt)
Ilustrasi laptop kena virus. (Pixabay/geralt)

 

Pengguna Windows pasti tak asing dengan adanya software jahat seperti virus, malware, dan spyware. Program jahat ini akan memakan sebagian besar sumber daya laptop kamu.

Karena itu, pastikan antivirus kamu selalu update. Dan rajin-rajinlah melakukan scanning untuk membersihkan laptop dari virus dan teman-temannya ini.

7. Buang program tak terpakai

Ilustrasi laptop. (Pixabay/Rawpixel)
Ilustrasi laptop. (Pixabay/Rawpixel)

 

Coba buka lihat daftar aplikasi yang ter-instal di laptop kamu. Jika memang ada aplikasi yang tidak penting dan tak pernah terpakai, uninstall saja.

Secara tidak sadar, banyaknya aplikasi yang terpasang di laptop membuat file makin banyak. Selain memakan tempat, juga membuat beban lebih.

8. Singkirkan file tak penting dan tak terpakai

Ilustrasi Melihat Laptop. (Pakutaso)
Ilustrasi Melihat Laptop. (Pakutaso)

 

Begitu juga dengan file-file tak penting dan tak terpakai. Mungkin kamu bisa memindahkan ke tempat lain, seperti hard disk eksternal jika tak mau menghapusnya.

Banyaknya file dalam sebuah folder akan mempengaruhi kecepatan membukanya. Juga berpotensi jadi tempat bersembunyi program-program jahat seperti virus.

Itulah tadi 8 cara membuat performa laptop lemot jadi ngebut. Langsung dicoba ya! Biar work from home kamu tetap lancar.

Terkait

Terkini