Jum'at, 22 Januari 2021

Klaim Huawei, HarmonyOS Akan Lampaui Android

Akankah HarmonyOS dari Huawei akan menggantikan Android?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi HarmonyOS. (Gizmochina)
Ilustrasi HarmonyOS. (Gizmochina)

Hitekno.com - Huawei telah resmi mengenalkan sistem operasi HarmonyOS 2.0 beta untuk smartphone. Yang nantinya diklaim akan jadi platform mobile pesaing Android.

Sistem operasi baru ini menjadi langkah awal Huawei untuk mengembangkan software yang berbeda dari Android. Bahkan diklaim bisa menyaingi sistem operasi dari Google tersebut.

Dikutip dari Gizmochina, Selasa (22/12/2020), HarmonyOS akan tersedia untuk semua ponsel Huawei tahun depan. Saat ini, pengujian sistem operasi hanya berlaku untuk seri Huawei P40 atau Mate 30.

Berdasarkan penjabaran Huawei, HarmonyOS sekilas tidak jauh berbeda dengan EMUI (UI Huawei) yang berbasis Android seperti yang berlaku saat ini. Secara teknis, pengoperasian dan desain antarmuka HarmonyOS dinilai masih sama.

Namun staf Huawei baru-baru ini mengklaim bahwa demo tersebut hanya menunjukkan kemampuan sistem yang memang untuk ditampilkan. Ia memastikan bahwa sistem operasi HarmonyOS akan memiliki desain antarmuka baru yang berbeda dari Android.

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

 

"Dalam lima tahun terakhir, tim software Huawei pada dasarnya telah menggantikan sebagian besar inti dari sistem Android. Mulai dari driver tingkat rendah hingga lapisan abstraksi hardware, kerangka pemrograman, dan seterusnya. Kami mengubah segala sesuatu yang dapat diubah," kata President Consumer Business Software Huawei, Wang Chenglu.

Chenglu menegaskan, HarmonyOS muncul bukan untuk menggantikan Android. Ia mengaku bahwa sistem operasi tersebut ada untuk siap bersaing dan melampaui Android.

Chenglu berharap HarmonyOS akan menjadi sistem operasi generasi baru untuk era Internet of Things (IoT).

Itulah klaim Huawei pada sistem operasi HarmonyOS yang disiapkan untuk smartphone nantinya. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini