Minggu, 17 Januari 2021

Qualcomm Pamerkan Hasil Benchmark Snapdragon 888

Snapdragon 888 diklaim memiliki peningkatan performa 25 persen pada CPU dan 35 persen pada GPU.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 888. (Qualcomm)
Smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 888. (Qualcomm)

Hitekno.com - Qualcomm Technologies, Inc telah resmi mengenalkan Snapdragon 888 5G Mobile Platform. Yang dihadirkan untuk perangkat smartphone flagship dengan performa tinggi.

Paling baru, Qualcomm bagikan hasil rangkauan benchmark Snapdragon 888 yang menunjukkan performanya melalui sedert pengujian sintetis.

Snapdragon 888 sendiri diklaim membawa inovasi-inovasi terdepan pada industri teknologi 5G, artificial intelligence (AI), gaming, dan kamera yang akan mentransformasi perangkat mobile premium yang hadir pada awal 2021.

Performa Snapdragon 888:

Qualcomm Snapdragon 888 membawa peningkatan arsitektur yang signifikan. Mobile Platform tersebut dirancang menggunakan teknologi proses 5nm paling canggih, memungkinkan performa yang paling mutakhir dengan efisiensi daya yang superior.

CPU Qualcomm Kryo 680 menghasilkan peningkatan performa hingga 25% pada CPU secara keseluruhan, dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan memungkinkan frekuensi tertinggi hingga 2.84GHz. CPU tersebut juga merupakan subsystem komersil pertama yang berbasis Arm Cortex-X1.

GPU Qualcomm Adreno 660 mencapai peningkatan performa terbesar, membawa rendering grafis hingga 35%, lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Untuk menjawab masukan para OEM, GPU Adreno 660 dirancang spesifik untuk memberikan tenaga yang fleksibel dan lebih kuat untuk ponsel gaming dengan kemampuan pengaturan panas yang lebih canggih atau thermal envelope yang lebih besar untuk penggunaan berkelanjutan lainnya pada perangkatperangkat flagship.

Setiap OEM dapat memilih aspek pengoperasian yang optimal untuk perancangan perangkat mereka. Qualcomm AI Engine generasi keenam yang dirancang ulang sepenuhnya dengan prosesor Qualcomm Hexagon 780 terbaru dapat mengantarkan sampai 26 TOPS, peningkatan 73% dibanding generasi sebelumnya yang menghasilkan performa AI terdepan di industri, yang juga meningkatkan efisiensi daya hingga tiga kali lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

Smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 888. (Qualcomm)
Smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 888. (Qualcomm)

 

Metodologi Benchmark:

Sudut pandang Qualcomm Technologies pada hasil benchmark Snapdragon 888 adalah bahwa benchmark sintetis tersebut hanya mengukur beberapa dari contoh penggunaan dan tidak menangkap pengalaman-pengalaman luas lainnya yang dimungkinkan oleh Snapdragon, termasuk konektivitas, fotografi, videografi, audio, daya tahan baterai dan kecepatan pengisian daya, dan lainnya.

Dengan kondisi saat ini, tinjauan perangkat pihak ketiga tidak mendapatkan akses pengalaman langsung pada desain referensi Snapdragon di tingkat premium. Oleh karena itu, Qualcomm Technologies telah membandingkan hasil-hasil dari seluruh sistem uji coba benchmark di industri, CPU, GPU dan penggunaan-penggunaan AI, dan merangkum seluruhnya pada video singkat untuk menunjukkan prosesnya secara detail.

Tiap benchmark dijalankan pada desain referensi Snapdragon 888 dan hasil berikut adalah hasil rata-rata pada tiga percobaan. Seluruh pengukuran benchmarks dijalankan menggunakan aturan default pada desain referensi Qualcomm Snapdragon 888, yang direkomendasikan untuk mengantarkan keseimbangan terbaik antara performa dan konsumsi daya untuk penggunaan sehari-hari para pengguna

Hasil Benchmark Snapdragon 888. (Qualcomm)
Hasil Benchmark Snapdragon 888. (Qualcomm)

 

Perangkat komersil berbasis Snapdragon 888 diharapkan tersedia pada Q1 2021. Hasil benchmark Snapdragon 888 dapat berubah antara desain referensi Snapdragon 888 dengan perangkat komersil di masa depan dikarenakan adanya perbedaan pada aturan performa, komponen memori penyimpanan, refresh rate layar, waktu pembaruan software, dan lainnya.

Terkait

Terkini