Sabtu, 23 Januari 2021

Bukan GPU, Asus Tawarkan Kartu Akselerator AI Berkinerja Tinggi

Berbentuk seperti kartu grafis, kartu akselerator AI ini diklaim punya performa tinggi.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Asus CRL-G18U-P3DF, kartu akselerator AI. (Asus)
Asus CRL-G18U-P3DF, kartu akselerator AI. (Asus)

Hitekno.com - Perkembangan kecerdasan buatan atau teknologi AI juga ikut mendorong produsen hardware dalam mendukungnya. Termasuk paling baru, Asus menawarkan kartu akselerator AI yang memiliki kinerja tinggi.

Yakni Asus CRL-G18U-P3DF dan CRL-G116U-P3DF, dua kartu akselerator PCI Express 3.0 AI full-height, half-length baru berbasis Google Edge TPU —prosesor dirancang khusus untuk aplikasi-aplikasi AI.

Kedua kartu ini dilengkapi Google Edge TPU, akselerator machine-learning (ML) yang mempercepat efisiensi pemrosesan, menurunkan kebutuhan daya, dan mempermudah pembuatan perangkat yang terhubung dan aplikasi cerdas.

Dengan akselerator ML onboard ini, Asus CRL-G18U-P3DF mampu bekerja hingga 32 tera operasi per detik (TOPS) menggunakan hanya 36 W per unit komputasi, sementara Asus CRL-G116U-P3DF meningkatkan kinerja hingga maksimum 64 TOPS di 52 W.

Kedua kartu ini juga dioptimalkan untuk framework TensorFlow Lite deep-learning, sehingga memudahkan kompilasi dan menjalankan model ML umum.

Desain termal yang canggih dan mudah dalam pemasangan

Asus CRL-G18U-P3DF, kartu akselerator AI. (Asus)
Asus CRL-G18U-P3DF, kartu akselerator AI. (Asus)

 

Asus CRL-G18U-P3DF dan CRL-G116U-P3DF menawarkan pengalaman plug-and-play yang menarik dan bertenaga untuk akselerasi AI.

Kartu akselerator AI ini didesain agar stabil pada beban tinggi, dengan desain termal yang dioptimalkan dengan turbofan axial-tech ganda untuk mendorong udara dingin melalui heatsink tembaga – dengan cepat mengeluarkan panas dari inti untuk memastikan pengoperasian tanpa henti dan berkinerja tinggi.

Kedua kartu baru ini juga dibuat dengan kokoh, dengan penutup satu bagian memberikan penguatan yang kuat di semua sisi. Mereka siap untuk digunakan dalam slot PCI Express 3.0 x16 standar industri, menyediakan jalur peningkatan yang mudah dan dapat di akses ke berbagai pengguna.

Dengan Asus CRL-G18U-P3DF atau CRL-G116U-P3DF diinstal, pengguna dapat menikmati kemampuan menyimpulkan pada perangkat untuk membuat produk yang efisien, personal, cepat dan offline.

Keduanya juga merupakan pilihan sempurna untuk vendor software independen (ISVs) dan integrator sistem (SIs) yang ingin menerapkan model AI mereka yang canggih untuk berbagai aplikasi vertikal.

Mengembangkan solusi AI edge dengan Google Coral

Asus CRL-G18U-P3DF, kartu akselerator AI. (Asus)
Asus CRL-G18U-P3DF, kartu akselerator AI. (Asus)

 

Kemitraan baru antara unit bisnis Asus IoT dan platform Google Coral difokuskan pada pengembangan solusi AI untuk komputasi edge.

Secara khusus, kartu akselerator AI IoT baru menyediakan perangkat hardware pengembangan AI untuk pengguna, yang dilengkapi dengan Google Edge TPU yang memungkinkan pembuatan proyek yang didukung AI.

Tentu saja, Asus IoT lebih dari sekedar penyedia perangkat hardware. Halaman dukungan khusus kami menyediakan pembaruan terkini dan informasi produk yang komprehensif, membantu pengguna menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.

Ini memastikan bahwa Asus CRL-G18U-P3DF dan CRL-G116U-P3DF adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin mengembangkan aplikasi AI untuk deteksi cacat, penghindaran hambatan, iklan ritel responsif dan banyak lainnya.

Terkait

Terkini