alexametrics
Gadget
Kamis, 06 Mei 2021

File Microsoft Office Kini Bisa Langsung Diedit Lewat Gmail

Tidak hanya file word, namun juga sederet file dariMicrosoft Office lainnya bisa diedit dengan pembaruan ini.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Gmail. (Unsplash/Kon Karampelas)
Ilustrasi Gmail. (Unsplash/Kon Karampelas)

Hitekno.com - Google kembali memberikan update baru yang makin memudahkan pengguna, yakni salah satunya kemampuan Gmail yang diperbarui. Kini file Microsoft Office seperti dokumen, bisa diedit langsung melalui layanan email tersebut.

Tidak hanya file word, namun juga sederet file dari Microsoft Office lainnya bisa diedit dengan pembaruan ini.

Dikutip dari The Verge, Jumat (11/12/2020), Google telah memperbarui aplikasi Google Workspace (G-Suite) yang mencakup Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Meet, dan Kalender.

Aplikasi dari Goole tersebut telah kompatibel dengan file Office seperti Word, Power Point, atau Excel.

Sebelumnya, file yang dikirimkan melalui Gmail ini hanya bisa dilihat. Jika pengguna ingin mengedit file tersebut, mereka mesti mengunduh terlebih dulu melalui Google Drive, Hal ini tentu bakal memakan banyak waktu.

Ilustasi Gmail di smartphone. [Shutterstock]
Ilustasi Gmail di smartphone. [Shutterstock]

 

Namun sekarang Google telah memodifikasi layanan G-Suite dan langsung kompatibel dengan file dari Microsoft. Dengan ini, pengguna tak perlu lagi mengunduh file tersebut lewat Google Drive ataupun penyimpanan di komputer atau ponsel.

Misalnya, apabila pengguna mendapatkan file dengan format Microsoft Word, maka mereka bisa langsung membuka dan mengedit lewat Google Dokumen. File tersebut tidak akan mengubah format Office menjadi Google Docs, melainkan tetap mempertahankan format aslinya.

Google juga telah mengembangkan fitur Macro Converter add-on untuk G-Suite. Fitur ini dirancang untuk membantu mengimpor data dari Excel ke Spreadsheet menjadi lebih mudah.

Lebih lanjut, Google juga tengah memperbarui orientasi dokumen dan dukungan gambar yang lebih baik ke Google Docs. Hal ini memungkinkan akses dokumen yang berbentuk vertikal atau horizontal dapat ditambahkan fitur watermark dari Google.

Itulah pembaruan dari Google yang makin memudahkan pengguna Gmail untuk mengedit file Microsoft Office. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini