Senin, 18 Januari 2021

Huawei Segera Meluncurkan HarmonyOS 2.0 Mobile Beta, Kapan?

HarmonyOS 2.0 dapat diaplikasikan di smartphone, mobil pintar bahkan PC.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Petinggi Huawei baru saja mengumumkan bahwa HarmonyOS 2.0 Mobile Beta akan dikenalkan sebentar lagi. Melalui acara khusus, mereka juga mengungkapkan roadmap HarmonyOS 2.0 pada 2021.

Sebagai informasi Huawei Developer Conference 2020 pada September lalu telah mengungkap keberadaan HarmonyOS 2.0 Mobile Beta yang akan datang pada kuartal akhir tahun ini. Mengingat kini sudah memasuki Desember, situs resmi perusahaan mengumumkan mengenai tanggal rilis versi beta dari OS terbaru mereka.

Pembaruan serta pengumuman ini ditujukan untuk para developer yang tergabung dalam ekosistem Huawei. Selain itu, developer akan memiliki kesempatan untuk mempelajari tentang HarmonyOS 2.0 secara mendalam dan terlibat dalam sesi teknologi langsung yang diselenggarakan oleh Huawei.

Acara Mobile Developer Beta akan diungkap pada 16 Desember mendatang. Agenda utama acara tersebut adalah memperkenalkan SDK HarmonyOS 2.0 Mobile Beta untuk jajaran HP pintar.

Melalui acara ini, perusahaan bakal memandu tentang cara menggunakan serta membangun aplikasi untuk ekosistem seluler HarmonyOS 2.0.

HarmonyOS 2.0 Mobile Beta. (Huawei via IT Home)
HarmonyOS 2.0 Mobile Beta. (Huawei via IT Home)

 

Dikutip dari Huawei Central, CEO Bisnis Konsumen Huawei, Richard mengatakan bahwa HP dengan HarmonyOS pertama akan tersedia pada awal 2021.

Selain itu, HarmonyOS bakal sepenuhnya open-source sebelum Oktober 2021. Berikut roadmap HarmonyOS 2.0 yang akan mendukung beberapa jenis memori:

HarmonyOS sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Huawei dan telah berlangsung selama tiga tahun. Tahun lalu, perusahaan tersebut secara resmi mengumumkan versi pertamanya dalam gelaran Huawei Developer Conference (HDC) 2019.

Sistem operasi Huawei, HarmonyOS. [AFP/Fred Dufour]
Sistem operasi Huawei, HarmonyOS. [AFP/Fred Dufour]

 

Saat ini HarmonyOS masih diaplikasikan pada smart TV di mana perangkat juga telah dipasarkan secara komersial. Sementara itu HarmonyOS 2.0 diharapkan dapat dibenamkan pada smartphone, mobil pintar hingga perangkat PC.

Petinggi Huawei mengklaim bahwa adaptasi HarmonyOS 2.0 saat ini berkembang sangat baik.

Mao Yumin, Vice President Huawei Software Department pernah mengisyaratkan bahwa Huawei Mate 40 series akan menjadi perangkat pertama yang di-upgrade ke HarmonyOS 2.0.

HP pintar bermerek Huawei dan Honor yang ditenagai Kirin 9000, Kirin 990 5G, Kirin 990, Kirin 985, Kirin 980, Kirin 820, Kirin 810, dan Kirin 710 dikabarkan akan terus beradaptasi dengan HarmonyOS.

Terkait

Terkini