Jum'at, 22 Januari 2021

Pasar HP Global Melonjak 20 Persen, Samsung Masih Memimpin

Samsung masih memimpin pasar diikuti dengan Oppo dan Xiaomi.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Samsung Galaxy Note20 Ultra. (Samsung)
Samsung Galaxy Note20 Ultra. (Samsung)

Hitekno.com - Laporan dari lembaga riset TrendForce menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pasar HP global di kuartal ketiga 2020. Samsung masih memimpin pasar diikuti dengan Oppo dan Xiaomi.

Laporan dari TrendForce terkait pasar HP global kuartal ketiga 2020 dirilis bersama prediksi mereka terkait perkembangan pasar kuartal keempat 2020. Berdasarkan data dari TrendForce, pasar HP global telah mencapai 336 juta unit selama kuartal ketiga 2020.

Angka itu merupakan peningkatan 20 persen QoQ (Quarter over Quarter) dari Q2 atau kuartal kedua 2020. TrendForce mencatat bahwa ini adalah peningkatan QoQ tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Kenaikan ini diprediksi karena efek pandemi yang mulai berkurang, musim liburan, dan target perusahaan tinggi.

Samsung memimpin pasar dengan porsi 23,2 persen diikuti oleh Oppo dan Xiaomi dengan pasar masing-masing 13,4 persen serta 13,2 persen.

Pasar HP global selama kuartal ketiga 2020 dan prediksi riset pasar di kuartal keempat 2020. (TrendForce)
Pasar HP global selama kuartal ketiga 2020 dan prediksi riset pasar di kuartal keempat 2020. (TrendForce)

 

Meski berada di posisi kedua dan ketiga namun TrendForce menyoroti pertumbuhan signifikan dari Oppo dan Xiaomi. Dikutip dari ET Telecom, baik Oppo dan Xiaomi telah mengalami pelesatan pasar sebanyak 64 persen dan 51 persen.

Sebagai perbandingan, Samsung hanya tumbuh sebesar 42 persen. Selama kuartal ketiga, perangkat Oppo (termasuk OnePlus dan Realme) telah diproduksi sebanyak 45 juta unit.

Sementara Xiaomi berhasil memproduksi HP baru dengan jumlah sekitar 44,5 juta unit. Apple membukukan peningkatan kecil QoQ sebesar 2 persen menjadi 42 juta unit selama kuartal ketiga 2020.

Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)
Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)

 

Peningkatan kecil tersebut disebabkan oleh adanya penundaan iPhone 12 series. Meski berada di peringkat keempat bersama Huawei, namun TrendForce memprediksi penjualan Apple akan melesat tajam di kuartal keempat 2020.

Ini berkaitan dengan strategi pemasaran Apple dan diterimanya iPhone 12 series oleh konsumen.

TrendForce memperkirakan produksi Apple pada kuartal keempat akan mencapai 74,1 juta unit sehingga menempati posisi pertama mengungguli Samsung di bawahnya. Mereka juga memprediksi pasar HP global bakal meningkat sebanyak 4 persen di kuartal keempat 2020 dengan produksi sekitar 350,6 juta unit.

Terkait

Terkini