Senin, 25 Januari 2021

Gadget Jadul Ini Bikin Nostalgia, Netizen: Anak Zaman Now Mana Tahu

Gadget jadul ini pernah jadi alat komunikasi terkece pada zamannya.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Pager Motorola. (YouTube/ ElektronikLabor)
Pager Motorola. (YouTube/ ElektronikLabor)

Hitekno.com - Teknologi selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman. Sebuah gadget jadul ini sukses membuat netizen generasi zaman old auto nostalgia.

Akun fanspage Instagram @reuninostalgia membagikan postingan mengenai sebuah perangkat jadul yang kemungkinan kurang familiar bagi netizen generasi Z.

Meski begitu, gadget jadul ini pernah "kece" pada masanya sehingga dikenal oleh netizen generasi zaman old. "Ada yang masih tahu benda apa ini? Kalian pernah punya guys?" tulis akun Instagram @reuninostalgia.

Gambar yang ada pada postingan merupakan salah satu seri pager buatan Motorola. Sebelum HP flagship yang membuat keren remaja berkantong tebal, pager merupakan gadget kece pada zaman old.

Dikutip dari Wikipedia, pager dikembangkan pada 1950-an dan 1960-an serta disebarkan secara luas pada 1980-an. Di era 1990-an, pager juga termasuk alat komunikasi portabel yang bisa menaikkan derajat keren anak muda di Indonesia.

Pager Motorola. (Instagram/ reuninostalgia)
Pager Motorola. (Instagram/ reuninostalgia)

 

Bahkan keberadaan pager juga diabadikan dalam lagu Hip Hop "Ti Di Dit" dari Sweet Martabak yang digandrungi anak muda tahun 90-an. "Tidit, tidit, pagerku berbunyi. Tidit tididit begitu bunyinya," tulis penggalan lagu Hip Hop yang pernah tren pada 90-an.

Pada tahun 1995, Motorola memperkenalkan pager dua arah pertama di dunia yang memungkinkan pengguna menerima pesan teks dan e-mail serta membalas dengan respons standar.

Untuk mengirim dan menerima pesan, pengguna harus selalu terhubung dengan operator. Ketika mendapatkan pesan, maka pager akan memberikan tanda seperti getaran, alarm, atau nada dering tertentu.

Pager Motorola. (Instagram/ reuninostalgia)
Pager Motorola. (Instagram/ reuninostalgia)

 

Meski rata-rata memiliki layar yang masih monokrom, namun sensasi mempunyai pager bak perangkat flagship pada zamannya. Postingan mengenai gadget jadul yang merupakan pager bermerek Motorola ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Yang pakai pager serasa jadi orang kaya pada zaman itu (emoticon tersenyum)," komentar @yudiabin.

"Tidit, tidit pager berbunyi. Tidit, tidit begitu bunyinya. Anak zaman now mana tahu itu..wkwkw," pendapat @dody_seti_situ.

Pager Motorola saat menerima pesan. (YouTube/ Ghita Paslariu)
Pager Motorola saat menerima pesan. (YouTube/ Ghita Paslariu)

 

"Pager itu namanya. Pakai ini pada tahun 97/98 dari perusahaan udah berasa canggih banget," kenang @prie.agoeng.

"Yang jawab bener pasti sekarang udah tua nih," kata @iboy_audis.

Itulah tadi postingan mengenai gadget jadul yang bikin netizen nostalgia, bagaimana pendapat kamu?

Terkait

Terkini