Gadget
Jum'at, 05 Maret 2021

Bawa Banyak Perubahan, Apple Sangat Percaya Diri dengan Prosesor Baru M1

Apple mengklaim pemutaran video selama 18 jam di MacBook Air dan 20 jam di MacBook Pro.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)
Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)

Hitekno.com - Dalam gelaran Apple beberapa waktu lalu, perusahaan tersebut menngenalkan tiga komputer baru, yaitu sebuah MacBook Air baru, MacBook Pro 13 inci dan Mac Mini baru, selain itu Apple juga mengenalkan prosesor terbaru buatannya M1.

Chip komputer terbaru M1 ini adalah nama resmi untuk Apple Silicon yang berbasis di Arm tempat perusahaan akan memindahkan semua komputer Mac-nya.

Dilansir dari laman The Verge, Apple sangat yakin dengan chip terbarunya ini dan perangkat lunak yang tengah dikembangkannya untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Apple megklaim baterai yang disematkan di laptop dan chip intel di dalamnya, dengan chip M1 ini masih belum ada pembuktian jika baterai bisa tahan lama.

MacBook Pro. (Apple)
MacBook Pro. (Apple)

 

Apple mengklaim pemutaran video selama 18 jam di MacBook Air dan 20 jam di MacBook Pro. Pemutaran video adalah metrik yang buruk, terutama karena chip modern dioptimalkan untuknya.

Karena M1 didasarkan pada arsitektur Arm, Apple memerlukan lapisan perangkat lunak tambahan untuk menjalankan aplikasi yang dirancang untuk chip Intel - ini disebut Rosetta 2.

Ide dari aplikasi x86 yang diemulasi pada proseor Arm, pengalaman aplikasi Intel yang diemulasi di dalam Arm di Windows tidak bagus.

Tetapi Apple mengatakan bahwa untuk aplikasi intensif grafis tertentu, ia bisa mendapatkan kinerja yang lebih baik pada aplikasi yang berjalan melalui Rosetta 2 daripada pada chip Intel yang setara.

Apple sangat yakin dan cukup berani mengklaim apabila chip M1 tersebut berfungsi pada mayoritas aplikasi dan aplikasi pihak ketiga.

Sejauh ini MacBook Air adalah Mac terlaris Apple, namun kini Apple menghasilkan lebih banyak uang di Mac daripada sebelumnya.

Apple sangat yakin dengan sistem chip M1 terbarunya ini bisa lebih populer dan dijamin ngebut.

Terkait

Terkini