Kamis, 03 Desember 2020

Lolos TKDN, iPhone 12 Bakal Resmi Masuk Indonesia?

Kapan iPhone 12 resmi masuk Indonesia?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
iPhone 12. (Apple)
iPhone 12. (Apple)

Hitekno.com - Apple telah meluncurkan iPhone 12 sebagai produk terbarunya. Menariknya, perangkat ini diduga bakal segera meluncur di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Kabar ini didapatkan dari situs Kementrian Perindustrian bada bagian sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang menampilkan adanya iPhone 12 ini.

PT. Apple Indonesia telah mendaftarkan empat iPhone baru untuk mendapatkan sertifikat TKDN di Kemenperin. Yang tentunya mengindikasikan akan meluncur resmi di Indonesia.

Dalam detail sertifikat TKDN yang dikeluarkan 27 Oktober 2020, menyebutkan kalau empat perangkat baru PT. Apple Indonesia memakai kandungan dalam negeri sebesar 30 persen.

Hal ini terlihat dari sertifikat TKDN dengan nomor 1030/SJ-IND.8/TKDN/10/2020 yang diajukan oleh PT. Apple Indonesia ke Kemenperin.

Sertifikat TKDN untuk iPhone 12. (Kemenperin)
Sertifikat TKDN untuk iPhone 12. (Kemenperin)

 

Terlihat ada empat model iPhone baru, antara lain iPhone 12 A2399, Apple iPhone 12 Pro A2407, Apple iPhone 12 Pro Max A2411, dan Apple iPhone 12 mini A2403.

Dengan mendapatkan sertifikat TKDN ini, diduga keras iPhone 12 akan resmi meluncur di Indonesia dalam waktu dekat ini. Kapan, sayangnya belum ada konfirmasi.

Sebagai Informasi, smartphone baru yang ingin resmi meluncur di pasar Indonesia, harus lolos uji sertifikasi TKDN Kemenperin terlebih dahulu.

Sebelumnya PT. Apple Indonesia juga mendapatkan sertifikasi TKDN iPad 2020 dan iPad Air yang baru. Seritifikat ini didapatkan pada 5 Oktober 2020 kemarin.

Dengan kata lain dua seri iPad baru tersebut juga meluncur resmi di Indonesia. Dan paling baru diduga akan menyusul iPhone 12 resmi meluncur di Tanah Air.

Sertifikat TKDN untuk iPad baru 2020 (Kemenperin)
Sertifikat TKDN untuk iPad baru 2020 (Kemenperin)

 

Itulah kabar terbaru dari PT. Apple Indonesia yang telah mendaftarkan dan mendapatkan sertifikat TKDN untuk empat iPhone baru tersebut.

Namun kapan empat seri iPhone 12 ini akan resmi meluncur di Indonesia? Kita tunggu saja kabarnya, karena diduga tak akan lama lagi setelah mendapatkan sertifikat TKDN.

Terkait

Terkini